5 Rahasia Dalam Fotografi Landscape - All Indonesia

5 Rahasia Dalam Fotografi Landscape

Fotografi Landscape

Jika anda menginginkan hasil foto landscape yang lebih baik, berikut adalah 5 rahasia dalam fotografi landscape yang menjadi senjata para fotografer landscape profesional.

1. ND Filter

Ketika anda melihat sebuah foto landscape yang terdapat air yang tampak seperti kapas atau awan yang membentuk garis-garis halus maka yang anda butuhkan untuk membuat foto seperti itu adalah ND Filter. ND adalah singkatan dari Neutral Density, filter jenis ini akan mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke sensor kamera anda secara merata di semua warna dalam komposisi anda.
Dengan berkurangnya intensitas cahaya maka treatment yang harus anda lakukan dalam konteks ini adalah mengurangi shutter speed sehingga intensitas cahaya akan bertambah. Nah, karena shutter speed yang rendah inilah yang membuat gerakan air atau awan dalam komposisi anda akan tampak halus karena sebenarnya yang ditangkap sensor adalah gerakan air atau awan tersebut.
Efek dari ND Filter
Efek dari ND Filter. Foto by Benjamin Jarowskyj

2. CPL Filter

CPL adalah singkatan dari Circular Polaryzer, filter ini akan berfungsi untuk mengurangi pantulan cahaya matahari di permukaan air sehingga anda dapat melihat objek dibalik permukaan air dengan lebih jelas. Sebenarnya yang dilakukan oleh filter ini adalah memodifikasi polarisasi gelombang elektromagnetik sinar matahari. Kinerja filter ini juga bergantung pada arah datangnya sinar matahari. Karenanya saat menggunakan filter ini anda harus memutarnya sampai anda dapatkan tampilan terbaik di komposisi anda. Selain itu, filter ini juga akan membuat langit tampak lebih biru di siang hari. Tahukah anda, teknik filter ini juga digunakan pada kacamata para pecinta mancing karena mereka dapat melihat ikan di bawah permukaan air dengan lebih jelas.
Efek dari CPL Filter. Foto by Benjamin Jarowskyj

3. GND Filter

Jika langit terlalu terang pada saat anda hunting maka yang anda butuhkan adalah GND Filter. GND adalah singkatan dari Graduated Neutral Density. Apa bedanya dengan ND Filter?. Jika ND Filter akan mengurangi intensitas cahaya secara keseluruhan maka GND Filter akan mengurangi intensitas cahaya di bagian tertentu saja.
Saat anda memotret pada saat siang hari bisa jadi langit terlalu terang sehingga kamera anda akan ‘silau’ dan tidak dapat menangkap bagian ground dengan baik alias gelap. GND Filter ini akan mengurangi intensitas cahaya bagian atas dari komposisi anda sehingga intensitas cahaya akan merata, alhasil tingkat terang dan detail pada hasil foto anda juga merata.
GND Filter
GND Filter.

4. Foreground

Untuk menambah ‘cerita’ dalam foto anda, komponen foreground ini sangatlah penting di fotografi landscape. Lihatlah sekeliling anda, carilah obyek-obyek seperti bebatuan, kayu kering, bunga atau bahkan pasir. Posisikan kamera untuk dapat menangkap obyek-obyek tersebut di depan obyek lanscape anda. Foreground juga dapat membantu anda dalam membentuk komposisi.
Foreground bebatuan
Foreground bebatuan. Foto by Benjamin Jarowskyj

5. Lighting

Saat anda melihat foto-foto lanscape yang komposisi warnanya sangat indah mungkin anda berfikir bahwa foto-foto tersebut adalah hasil editan. Perlu anda ketahui bahwa para fotografer landscape pasti bangun lebih awal dan tidur lebih larut. Kenapa? meraka tahu betul bahwa komposisi cahaya terbaik terjadi pada sesaat sebelum dan sesudah matahari terbit atau terbenam. Saat-saat seperti itu dikenal dengan istilah Golden Hour. Maka jika anda menginginkan komposisi warna yang indah maka bangunlah lebih pagi untuk hunting.
Selamat mencoba, happy hunting!