Helios 44-2 58mm Buatan USSR, Lensa Vintage M42 Luar Biasa


Helios 44-2 58mm, bagi para pecinta fotografi pasti kenal dengan lensa legenda Rusia ini. Dengan apertur maksimum f/2 lensa ini menghasilkan bokeh yang luar biasa keren. Satu hal yang unik dengan lensa ini adalah swirly bokeh nya. Bokeh yang dihasilkan berpola melingkar nan unik.

Sejarah Lensa Helios 44-2

Lensa Helios 44-2 diproduksi dalam kurun waktu mulai 1958 sampai dengan 1992. Tahun produksi lensa dapat diketahui dari nomor seri lensa, dua digit paling depan menunjukkan tahun pembuatan. Seperti lensa helios di gambar ini, adalah buatan tahun 1983.
 

Sejatinya, Helios 44-2 58mm f2 ini adalah fotocopy dari lensa Carl Zeiss Biotar 58mm. Pada saat Perang Dunia II, Russia menguasai Jerman termasuk Carl Zeiss dan mengambil formula lensa Carl Zeiss Biotar 58mm kemudian memproduksinya di Russia.

Exposure

Jangkauan exposure lensa ini adalah mulai dari f/2 hingga f/22. Uniknya lagi, lensa ini memiliki dua pengatur exposure. Kita bisa mengatur exposure menggunakan ring dengan klik atau tanpa klik. Pengaturan exposure tanpa klik sangat baik dalam pembuatan video.

Focus

Fotografer yang menomorsatukan fokus dan ketajaman di semua area dari sudut ke sudut tidaklah cocok menggunakan lensa ini karena memang jauh dibandingkan dengan lensa-lensa yang dibuat menggunakan teknologi tinggi. Lensa ini mulai menunjukkan ketajaman fokus pada saat exposure berada di f/5.6. Ring fokus lensa Helios 44-2 ini luar biasa halus, kurang lebih 2 kali putaran penuh untuk mengatur fokus dari fokus terdekat ke infinity.

Bokeh

Ini dia yang paling disukai para fotografer. Lensa ini juga disebut lensa bokeh monster. Bokeh yang dihasilkan lensa ini bisa membuat efek melingkar yang populer dengan sebutan swirly bokeh.

M42 Mount

Lensa Helios 44-2 ini memiliki sistem M42 Mount (ulir). Jadi bagi anda pengguna kamera Canon, Nikon atau Sony yang ingin menggunakan lensa ini maka anda harus menggunakan adapter sesuai dengan kamera anda.

Sampel

Berikut ini adalah contoh-contoh foto yang diambil menggunakan lensa Helios 44-2 58mm f/2 dan kamera Sony Alpha 7 Mark II.
 

 

helios 44-2 58mm swirly bokeh
helios 44-2 58mm swirly bokeh