Kamera Mirrorless atau DSLR itu Pilihan Anda - All Indonesia

Kamera Mirrorless atau DSLR itu Pilihan Anda



Anda ingin memiliki kamera yang bagus, baik itu kamera mirrorless atau DSLR itu pilihan Anda. Masing-masing jenis kamera tersebut memiliki kelebihan tersendiri dan tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Anda lebih cocok menggunakan yang mana, apakah untuk mengambil gambar lebih profesional, yang dijadikan pekerjaan yaitu fotografer atau hanya untuk sehari-hari dan sekedar foto semata. Jika Anda masih bingung dengan pilihan Anda, mari kita pelajari kedua kamera tersebut. Dengan mengetahui fungsi, kelebihan serta kekurangannya. Setelah itu, Anda bisa bebas memantapkan pilihan anda.

Kamera Mirrorles

Kamera mirrorles adalah kamera tanpa cemin, awalnya kamera jenis ini diperuntukkan bagi Anda yang kurang puas dengan bidikan kamera smartphone maupun compact digital camera. Ciri dari kamera ini tentu tidak memiliki cermin yang dijadikan sebagai bagian pemantul cahaya. Untuk memilih kamera mirrorless anda bisa dengan mengecek ukuran sensornya, resolusinya, keseimbangan ISO dengan ukuran sensor, kelengkapan lensa, fungsi monitor dan fitur tambahannya.

Kelebihan Kamera Mirrorless

Untuk bentuk kamera lebih cenderung kecil dan ringan dibandingkan kamera tunggal. Desainnya pun detail dan penuh gaya. Kamera ini cocok digunakan untuk bepergian, karena memang ketika dibawa tidak terlalu berat dan besar seperti kamera DSLR. Kini, lensa kamera mirrorles bisa diganti-ganti sesuai dengan genre fotografi anda, sehingga dapat digunakan untuk membidik beragam objek. Saat ini juga sudah bermunculan kamera mirrorles fulframe dengan resolusi tinggi yang menyaingi kamera DSLR sekelas Canon 1dx mark II, yaitu Sony Alpha 7R Mark III.

Kekurangan Kamera Mirrorless

Walaupun lensa kamera ini bisa diganti-ganti, namun jenis lensanya terbatas dan tidak selengkap kamera DSLR. Untuk baterai pada kamera mirrorles bentuknya kecil menyesuaikan ukuran bodi kameranya, sehingga baterai lebih cepat habis.

Kamera DSLR

DSLR kependekan dari Digital Single-Lens Reflects. Kamera ini merupakan kamera yang menggunakan cermin yang diletakkan di depan sensor gambar, yang berfungsi untuk memantulkan apa yang ditangkap oleh sensor ketika tombol rana (shutter) ditekan. Kamera ini memiliki viewvinder (jendela bidik) sehingga pengguna mampu mengintip sensor melalui jendela bidik.
 
Kekurangan kamera DSLR adalah kamera ini memiliki ukuran cukup besar dan relatif lebih berat sehingga akan kesulitan jika dibawa ke mana-mana. Penggunaan cermin menjadi batasan bagi kamera DSLR, karena tidak akan setipis mirrorless. 
 
Itulah sedikit ulasan tentang kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless dan DSLR, maka untuk penggunaan dalam keseharian Anda kamera mirrorless atau DSLR itu pilihan Anda. Manakah yang cocok dapat tepat untuk Anda gunakan?