Kenali White Balance, Hasilkan Keseimbangan Warna - All Indonesia

Kenali White Balance, Hasilkan Keseimbangan Warna



Pernahkah anda mendapati hasil foto yang terlalu merah, terlalu kebiruan atau terlalu kekuningan? padahal bukan seperti itu yang anda inginkan. Warna yang seharusnya putih menjadi seolah bukan warna putih. Jika pernah maka sebaiknya anda kenali fitur white balance di kamera anda. Sebelum membahas white balance, ada baiknya kita bahas dulu apa yang disebut dengan Color Temperature.

Color Temperature

Dalam bahasa Indonesia disebut dengan temperatur warna. Color Temperature merupakan konsep standar yang digunakan untuk menggambarkan kesan warna dalam dunia fotografi. Color temperature di kamera menggunakan satuan Kelvin seperti gambar berikut. Warna merah digambarkan dengan color temperature 1000 Kelvin atau 1000K.
 
Color Temperature

White Balance

Dalam berbagai situasi kita sering mendapati material yang berwarna putih akan berbeda warna pada kondisi pencahayaan tertentu. Misalnya kertas putih akan tampak kekuningan dalam kondisi berada dibawah pancaran sinar bohlam. Beda halnya jika kertas putih yang berada di bawah pancaran sinar lampu neon. Nah, fungsi pengaturan white balance di kamera adalah untuk mengembalikan warna putih ke putih sebenarnya di hasil jepretan kamera. Mengembalikan warna putih dalam dunia fotografi disebut dengan White Balance.

Bagaimana mengatur white balance

Ok. Kita coba bahas kondisi dimana kita akan memotret dalam kondisi ruang berada dalam pencahayaan lampu bohlam. Dalam kondisi seperti itu tentunya kita akan melihat kertas putih seolah-olah berwarna kekuningan. Maka dalam pengaturan white balance di kamera harus diarahkan ke nilai Color Temperature di kisaran 3200 K atau di sekitar Incandescent.
 
Cobalah untuk mengenali kondisi pencahayaan pada saat anda berada di spot foto. Ada kalanya kita tidak memiliki kontrol atas kondisi tersebut. Namun kita memiliki kontrol atas kamera kita, maka sesuaikan pengaturan white balance dengan benar jika ingin mendapatkan keseimbangan warna di hasil jepretan anda.