Ketahui 8 Tips Merawat Kamera Ini Ya Agar Tetap Awet - All Indonesia

Ketahui 8 Tips Merawat Kamera Ini Ya Agar Tetap Awet



Tips merawat kamera perlu diperhatikan bagi seorang yang mempunyai kamera dan hobi fotografer, agar kamera yang ia miliki tetap dalam kondisi yang bagus dan tidak mudah rusak. Beberapa orang terkadang mengabaikan perawatan kamera, sehingga kamera yang mereka miliki tidak seperti apa yang mereka harapkan. Ada pula yang memang tidak tahu bagaimana caranya agar kamera tersebut tetap aman dan terlindungi. Oleh karena itu, dalam merawatnya juga perlu mengenali jenis kamera tersebut, karena tiap kamera terkadang cara perawatannya berbeda-beda.

Tips Merawat Kamera

Dalam merawat kamera diperlukan tips menjadikan kamera tersebut bisa bertahan dan mampu digunakan dengan baik dan maksimal, di antaranya adalah:

1. Menjaga Kebersihan Lensa Kamera

Menjaga kebersihan kamera sangat diperlukan agar kamera tidak mudah kotor dan cepat rusak. Begitu pula dengan lensa kamera, harus diperhatikan kebersihannya. Lensa kamera yang bersih akan menghasilkan gambar yang bersih pula. Untuk kamera DSLR cara membersihkan kameranya gunakan cleaning kit, karena kamera ini sangat sensitif terhadap air. Cleaning kit merupakan alat pembersih kamera agar kamera tidak jamuran dan kotor. Bersihkan kamera dengan cara menyemprotkan cairan ke microfiber, lalu usapkan ke bagian lensa

2. Jauhkan Kamera dari Air

Kamera biasanya dibersihkan dengan cleaning kit, karena jika langsung dibersihkan dengan air maka air tersebut masuk ke dalam kamera akan merusakkan komponen kamera. Oleh karena itu, jauhkan kamera ini dengan air, karena sisa air juga mampu menjadikan kamera berembun.

3. Membawa Kamera di Tas Khusus

Saat membawa kamera, jangan asal meletakkan kamera di tas sembarang. Tas yang bukan dikhususkan untuk kamera, tidak ada perlindungan untuk kamera. Sedangkan tas khusus kamera, akan mampu melindungi kamera dari benturan dan terhindar dari kerusakan. Dalam tas khusus kamera terdapat ruang khusus untuk menyimpan lensa, charger, filter anperlengkapanlainnya yang mampu mendukung kegiatan fotografer.

4. Membersihkan Body Kamera Secara Berkala

Body kamera jika harus dibersihkan,banyak pembersih body kamera yang dijual. Namun, jika ingin menggunakan minyak kayu putih, hal itu juga bagus. Karena minyak kayu putih mudah kering.

5. Pasang LCD dam Pelindung Layar

Gunakan pelindung layar pada kamera, hal ini untuk melindungi layar kamera dari goresan, sidik jari, bahkan menghindari terkena air dan debu.

6. Simpan Kamera di Tempat yang Layak

Jangan meletakkan kamera di tempat sembarangan, simpanlah di tempat yang layak. Jangan menaruh kamera di tempat yang lembap, tempat lembap akan menimbulkan datangnya jamur.  Kelembapan yang tinggi mampu merusak komponen elektronik serta sensor kamera. Sedangkan kelembapan yang rendah mampu mengganggu sistem mekanis kamera. Sebaiknya simpan di Dry Box, karena Dry Box akan melindungi kamera dari perubahan suhu yang ekstrim, menjaga kamera tetap kering dan terhidar dari kelembapan.

7. Perhatikan Perawatan Baterai Kamera

Agar baterai kamera awet, jangan menyimpan baterai tersebut di suhu ekstrim 43 derajat. Baterai kamera juga harus diisi dayanya, jika sudah lama tidak menggunakan kamera tersebut.

8. Menggunakan Shoulder Trap

Shoulder trap digunakan tidak hanya sekedar gaya semata, hal ini bertujuan agar mampu membidik gambar di manapun berada. Talinya berfungsi untuk menggantung kamera di leher dan menghindari kamera jatuh dan rusak.

Itulah tips merawat kamera agar kamera bisa tahan lama, terhindar dari kerusakan dan kelembapan. Dan tentunya kamera bisa digunakan hasil hasil yang maksimal karena keadaan kamera masih bagus, baik di luar maupun di dalam komponen kamera.