Liburan Ke Belitung Tanpa Travel - All Indonesia

Liburan Ke Belitung Tanpa Travel

Pantai Tanjong Tinggi Belitong

Liburan ke Belitung tanpa travel? kenapa tidak. Bagi anda yang sibuk dengan rutinitas pekerjaan, liburan memang menjadi salah satu solusi manjur. Waktu yang tidak banyak menuntut perencanaan liburan yang matang agar waktu yang ada dapat dimanfaatkan maksimal.

Berikut ini adalah itinerary liburan ke Belitung jika anda hanya memiliki waktu hari sabtu dan minggu. Strategi traveling kali ini adalah di sore hari ditargetkan akan menikmati sunset di pantai Tanjong Tinggi, namun harus menuju titik-titik wisata yang terkenal juga di Belitung Timur.

1. Berangkat Dengan Pesawat Paling Pagi, pukul 06.00

Penerbangan ke Belitung tidak banyak. Anda harus merencanakan jauh-jauh hari untuk mendapatkan tiket pesawat pada hari sabtu. Ada pilihan penerbangan Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia di penerbangan pagi.

2. Menuju Gantong Pukul 08.00 Dari Tanjung Pandan

Sewa mobil di Belitung seharga Rp 250.000,-/hari dengan lepas kunci. Artinya anda harus mengemudi sendiri selama ada di Belitung. Jangan khawatir, jalanan di Belitung muluss dan lebar dari ujung ke ujung jadi gak ada macet atau lambat karena jalan berlubang.

Perjalanan dari Kota Tanjung Pandan ke Gantong sekitar 1 jam 30 menit. Di Gantong kita dapat mengunjungi beberapa lokasi. Diantaranya adalah :

  • Replika sekolah SD Muhammadiyah Gantong, lokasi ikonik yang digunakan shooting film Laskar Pelangi. Tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 5.000,- per orang
  • Museum Kata Andrea Hirata. Museum Literasi ini lokasinya tidak jauh dari Replika Sekolah Laskar Pelangi, hanya 5 menit. Anda dapat menikmati beberapa karya literasi di sini. Tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 50.000,- per orang. Namun bisa ditawar hehee
  • Kampong Ahok atau Kampong Fifi. Adalah kampuh dimana Ahok tinggal semasa di Belitung. Ada rumah orang tuanya juga di sana, terdapat galeri di rumah orang tua Ahok yang dapat anda kunjungi. Di Kampong Ahok ini, anda dapat berbelanja beberapa sovenir dan juga kue buatan Mama Ahok
Replika SD Muhammadiyah Gantong, Lokasi Shooting Film Laskar Pelangi
Replika SD Muhammadiyah Gantong, Lokasi Shooting Film Laskar Pelangi
Museum Kara Andrea Hirata
Museum Kara Andrea Hirata

3. Makan Siang di Pantai Manggar, Belitung Timur Pukul 13.00

Sebelum melanjutkan perjalanan, singgah makan siang di pantai Manggar itu harus. Ada Restoran Fega, restoran Sinar laut dan lain-lain yang bisa anda kunjungi untuk santap siang.

Pantai Manggar, Belitung Timur
Pantai Manggar, Belitung Timur

4. Lanjut ke Pantai Burung Mandi Pukul 14.00

Dari Pantai Manggar ke Pantai Burung Mandi berjarak sekitar 30 menit. Di daerah ini juga terdapat Kuil Dewi Quan Im. Anda dapat Pantai dan kuil ini. Dengan target sunset di pantai Tanjong Tinggi, sarannya jangan berlama-lama di Pantai Burung Mandi ini.

Pantai Burung Mandi, Belitung
Pantai Burung Mandi, Belitung

5. Perjalanan Ke Pantai Tanjong Tinggi Pukul 15.00

Perjalanan ke Pantai Tanjong Tinggi melalui Manggar. Sebetulnya terdapat jalur pantai utara di Belitung, namun karena suggestion dari Waze perjalanan lebih cepat melalui Manggar maka perjalanan dilanjutkan dengan sedikit berputar kembali ke arah Manggar.

Perjalanan ini menyita waktu sekitar 2 Jam. Anda akan melewati perkebunan kelapa sawit untuk sampai ke Tanjong Tinggi. Sampai di Pantai Tanjong Tinggi pukul 17.00.

Sesampainya di Tanjong Tinggi, suasana ramai. Karena memang tempat ini menjadi tujuan utama para pemburu sunset. Indah Sekali.

Selanjutnya di sekitar lokasi ini anda juga dapat mengunjungi pantai Kelayang. Akan lebih menarik jika anda memiliki waktu lebih untuk menyeberang ke Pulau Lengkuas dari Pantai Kelayang ini.

Pantai Tanjong Tinggi, Pantai Laskar Pelangi
Pantai Tanjong Tinggi atau Pantai Laskar Pelangi
Pantai Tanjong Tinggi, Pantai Laskar Pelangi
Pantai Tanjong Tinggi, Pantai Laskar Pelangi

6. Makan Malam di Restoran Belitong Timpo Duluk

Setelah seharian mengelilingi Belitung, tepat jika diakhiri dengan makan malam khas Belitung. Adalah rumah makan Belitong Timpo Duluk yang ada di kota Tanjung Pandan. Di sini anda akan disuguhi dengan berbagai masakan khas Belitung. Tempatnya hangat, klasik dan menarik. Anda dapat berfoto-foto dengan background peralatan peralatan dapur jaman dulu di restoran ini.

rumah makan Belitong Timpo Duluk
rumah makan Belitong Timpo Duluk

7. Menikmati Sunrise Sebelum Balik ke Bandara, Keesokan Harinya 06.00

Waktu yang sempit perlu dimanfaatkan maksimal. Keesokan harinya sebelum menempuh perjalanan pulang sempatkan menikmati sunrise. Adalah Danau Kaolin dan Pantai Tanjung Pendam yang dapat anda kunjugi.

Danau Kaolin sebenarnya bukan tempat wisata, namun adalah bekas galian tambang timah yang sudah tidak lagi aktif. Air danaunya berwarna kebiruan.

Danau Kaolin, Belitung
Danau Kaolin, Belitung

Jangan berlama-lama di sana, karena memang tidak ada yang berjualan sarapan pagi atau tempat duduk untuk menikmati suasananya. Anda dapat langsung menuju ke Pantai Tanjung Pendam. Berjarak sekitar 7km dari Danau Kaolin.

Pantai Tanjung Pendam, saat surut

Di sekitaran Pantai Tanjung Pendam ini banyak yang berjualan berbagai jajanan. Anda dapat menikmati pantai sembari sarapan pagi di sini.

Ok, thats it, 24 Jam di Belitung. Selanjutnya kembali ke bandara pukul 07.00 karena harus mengejar penerbangan pukul 08.25. Dari Pantai Tanjung Pendam ke Bandara berjarak kurang lebih 15 km dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.

Have a nice trip!!