Informatika Kelas 10
Categories:
Fokus Pembelajaran Informatika Kelas 10
Etika dan Kesadaran
Menjadi warga digital yang waspada dan sadar hukum
Siswa memahami aspek keamanan teknologi informasi, ancaman yang menyertainya, dan antisipasinya. Siswa memahami aspek etika dan hukum dalam memperoleh, menggunakan, dan menyebarkan data publik dari/ke internet. Siswa mengerti penggunaan internet yang sehat untuk mendukung proses belajar. Siswa mengetahui banyak sumberdaya belajar di internet. Siswa dapat mencari – di internet – tutorial- tutorial terkait pelajaran dan minatnya. Siswa memahami pengertian peretasan (hacking), memahami celah-celah peretasan pada sistem informasi yang melibatkan dia, dan mampu melindungi dirinya dari peretasan. Siswa sadar sifat internet yang “selalu mengingat” sehingga dapat bertindak dengan hati-hati. Siswa sadar untuk selalu hanya menyebarkan informasi yang benar, baik, dan bermanfaat. Siswa menyadari pentingnya backup, baik offline maupun online di cloud. Siswa memahami makna copyright secara umum dan secara khusus di dunia digital. Siswa memahami berbagai macam lisensi software. Siswa paham cara meng-atribusi dan mengutip dalam berkarya.
Pengetahuan dan Ketrampilan dan Etika dan Kesadaran
Memahami sifat informasi, cara kerja komputer, cara kolaborasi, dan memulai analisis data
Siswa memahami betul konsep bahwa perangkat terdiri dari hardware dan software yang dipahami sebagai informasi dan wadah informasinya. Siswa dapat memberi contoh - contoh dari lingkungannya. Misalnya, sebuah poster terdiri dari bahan kertas/kain, warna-warni tinta, bingkainya, dan juga “software”-nya yang berupa informasi dan gagasan yang tertuang di situ. Contoh lain adalah buku: antara kertas bukunya dan isi gagasan si penulis. Siswa dapat memperluas contohnya. Siswa dapat menyimpulkan bahwa, di antaranya, informasi dapat berpindah dan informasi selalu berasal dari suatu intelligence. Siswa memahami prinsip kerja dan interaksi antar komponen komputer. Siswa mampu mengungkapkan “jalan cerita” suatu komputer: user interface yang menghadap ke pengguna (input dan output), ada prosesor yang mengolah data, ada memori/RAM yang merupakan tempat memuat program yang sedang dijalankan dan tempat corat-coret si prosesor, serta ada pula internal memory / hard-drive untuk menyimpan data dan program. Sebuah sistem operasi dipasang sebagai pengelola semua itu. Siswa mengetahui berbagai macam sistem operasi dan sifat lisensinya (Windows, Linux, MacOS). Siswa melakukan pengolahan data menggunakan fitur lanjut: filter, pengelompokan, conditional processing, rumus yang kompleks. Siswa melakukan studi kasus pengolahan data yang membutuhkan pengolahan kompleks dengan menggunakan aplikasi perkantoran sebagai tools. Siswa dapat bekerja kolaboratif secara online.
Berpikir komputasi dan Pengetahuan dan Ketrampilan
Mengembangkan kemampuan berpikir algoritmis dan menghayati aspek berpikir komputasi modern
Siswa memahami representasi biner di komputer. Siswa memahami representasi citra biner, citra beraras keabuan, dan citra warna. Siswa memahami warna di layar sebagai kombinasi RGB. Siswa melakukan komputasi kombinasi warna dengan representasi yang berbeda-beda (ada yang hexadecimal, ada yang 0-255, ada yang pecahan 0-1). Siswa memahami konsep pixel dan resolusi layar. Untuk mengingatkan kembali, siswa melakukan permainan berpikir komputasi seperti pencarian maksima, pengurutan dan sorting network. Siswa juga melakukan permainan penemuan prosedur. Siswa memahami kompresi teks sederhana dan melakukan permainan terkait. Siswa menerapkan berpikir komputasional untuk memecahkan persoalan yang lebih kompleks dari sebelumnya, dengan membangun model dan menuliskan solusinya dalam bentuk algoritma dan struktur data yang diperlukan, dan mendiskusikan efisiensinya.
Pemrograman dan Struktur Data dan Berpikir komputasi: Melancarkan pemrograman berbasis teks Melanjutkan dari tingkat sebelumnya, siswa membuat program sederhana dengan suatu bahasa pemrograman berbasis teks (misal Python). Setelah akrab mengenal variable, data type, conditional statement, loop, nested loops, py file, array, import, modules, code block, dan I/O. Siswa memahami dan memakai function dalam programnya. Terkait function ini, siswa memahami betul bahwa print dan return adalah dua hal yang sama sekali. Siswa mengenal struktur data sederhana dan representasinya. Siswa mampu menjawab tantangan pemrograman pada level ini. Siswa mulai mengenal konsep database. Dalam pengembangan aplikasi, siswa terlebih dahulu membuat requirement gathering. Siswa membuat program dengan komentar yang jelas. Siswa membuat dokumen web sederhana memakai html dan css. Siswa melakukan debugging sederhana dan memberi komentar pada kode programnya.
Sasaran Kompetensi yang Diharapkan
- menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab
- menunjukkan kebiasaan, pemahaman, dan kesadaran berinteraksi secara sopan, santun, terbuka, dan komunikatif dalam keberagaman masyarakat
- menunjukkan kepatuhan dan kesadaran terhadap hukum dan norma sosial secara kritis dan konstruktif
- menunjukkan kebiasaan, pemahaman, dan kesadaran untuk bersikap dan berperilaku jujur
- menunjukkan kebiasaan, pemahaman, dan kesadaran hidup gotong-royong (kolaborasi), adaptif, mandiri, kreatif, produktif, dan inovatif yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat
- menunjukkan kemampuan berkomunikasi tingkat lanjut dengan Bahasa Indonesia secara lisan dan tulis untuk kepentingan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
- menunjukkan rasa ingin tahu dan kemampuan memahami dan menerapkan matematika, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan masalah yang kompleks
- menunjukkan kemampuan menggunakan informatika secara selektif, kreatif, produktif, dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran