5 Tips Merawat Wajah Berjerawat Sekaligus Menyembuhkan Dan Menghilangkan Bekasnya

Perawatan Wajah

Artikel tentang tips merawat wajah berjerawat menjadi salah satu artikel yang populer, mengapa demikian? karena masalah jerawat menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang dan tentu saja semua orang pasti menginkan wajahnya bersih, mulus tanpa jerawat.
Masalah jerawat yang bertahta di wajah memang bikin rasa percaya diri menurun. Ada banyak penyebab mengapa wajah berjerawat, bisa karena salah menggunakan kosmetik, kurang menjaga kebersihan, pola makan yang salah atau karena faktor genetic (keturunan).
Merawat wajah berjerawat bukanlah hal yang susah, sama dengan cara mencegah wajah berjerawat. Jika dilakukan dengan benar dan disiplin, jerawat dan bekasnya bisa hilang dan wajah kembali mulus dan bersih.Yuk, langsung saja simak tips merawat wajah berjerawat agar lekas sembuh dan tidak berbekas berikut ini!

1. Bersihkan Tangan

Pada saat akan membersihkan wajah, pastikan tangan bersih dari kuman. Biasakan mencuci tangan agar kuman dan bakteri tidak menempel di wajah. Jangan menyentuh kulit wajah yang berjerawat jika kondisi tangan dalam keadaan kotor, ini bisa membuat jerawat semakin tumbuh subur dan parah.
Kadang jerawat menimbulkan sensasi seperti rasa panas dan gatal. Apalagi jika bintik merahnya baru muncul. Walaupun gatal, hindari menggaruk atau menekannya karena bisa membuat jerawat meradang.

2. Merawat Wajah Berjerawat Dengan Produk Perawatan Khusus

Kulit yang berjerawat tergolong jenis kulit yang sensitive, oleh sebab itu hindari menggunakan produk perawatan yang malah bisa membuat jerawat tambah parah. Apapun merk produk perawatan yang digunakan, yang penting adalah dapat menyembuhkan. Anda bisa menggunakan bahan alami tradisional seperti mentimun, the hijau, lidah buaya dsb. Jika tidak, bisa gunakan produk yang menggunakan bahan alami namun dengan catatan sesuai dengan jenis kulit Anda.

3. Hindari Menggunakan Kosmetik Berlebihan

Sebenarnya untuk perawatan wajah berjerawat disarankan tidak menggunakan kosmetik. Namun bagi sebagian wanita tetap harus menggunakan make up untuk tetap menjaga penampilannya, misalnya wanita karier yang bekerja kantoran, saat menghadiri acara tertentu. Nah, jika demikian Anda masih bisa menggunakan kosmetik dengan rambu-rambu berikut ini.

  • Hindari menggunakan bedak padat, karena bedak jenis ini dapat menyumbat pori-pori. Sebelum jerawat hilang, bisa gunakan bedak tabur yang memiliki kandungan asam sulfur.
  • Hindari menggunakan pemutih wajah, karena bisa menyebabkan terjadinya peradangan. Seperti yang sudah disebutkan diawal, kulit yang berjerawat cenderung sensitive, jadi berhati-hatilah menggunakan kosmetik.
  • Hindari menggunakan pelembab atau pembersih wajah yang mengandung alkohol dan wewangian.
  • Hindari menggunakan kosmetik yang mengandung benzoyl peroxide, walaupun secara ilmiah dapat mengempeskan jerawat apabila digunakan melebihi dosis malah bisa menyebabkan terjadinya peradangan, iritasi dan kulit mengelupas.

4. Gaya Hidup Sehat

Salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat dan membuatnya semakin parah adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti makan-makan yang berminyak seperti gorengan, merokok, minum alkohol, begadang dsb.  Gaya hidup sehat sebenarnya tidak sulit, bisa dimulai dari minum air putih minimal 8-9 gelas perhari. konsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan ikan yang mengandung serat serta protein tinggi. Dengan menerapkan pola hidup sehat berangsur-angsur jerawat akan menghilang. Jangan lupa olahraga secara teratur.

5. Pengobatan Tradisional

Selain menjalankan pola hidup sehat, cara perawatan wajah yang berjerwat bisa dengan cara tradisional menggunakan bahan alami. Salah satunya adalah dengan green tea. Selain ampuh mengobati kanker, tanaman yang satu ini berkhasiat merawat kesehatan dan kecanikan kulit.
Khasiatnya tersebut karena kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu kandungan catechinnya bersifat antimirobakterial dan anti peradangan sehingga dapat mencegah jerawat mengalami iritasi.
Demikian 5 tips merawat wajah berjerawat, sekaligus menyembuhkan dan menghilangkan bekasnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!