Berjemur Sehat Dengan Sinar Matahari Pagi, Lakukan Beberapa Poin Pentingnya - All Indonesia

Berjemur Sehat Dengan Sinar Matahari Pagi, Lakukan Beberapa Poin Pentingnya

Matahari pagi

Berjemur menjadi aktivitas yang disukai oleh sebagian orang. Berjemur dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang. Namun, sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit dan dehidrasi. Agar terhindar dari resiko negatif sinar matahari, ketahui terlebih dahulu kapan waktu berjemur yang tepat. Dalam artikel ini kita akan membahas seputar sehat dengan sinar matahari pagi, dengan harapan dapat menjadi informasi agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Waktu Yang Tepat Untuk Berjemur Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Waktu yang direkomendasikan untuk berjemur adalah pagi hari. Itu sebabnya sayang jika kehangatan sinar matahari pagi dilewatkan begitu saja, karena sinarnya mengandung vitamin, dapat membunuh bakteri. Itu alasannya mengapa para ahli kesehatan dan para arsitek menyarankan untuk membangun atau memilih rumah yang memiliki jendela.

Sinar matahari dipercaya dapat memicu pelepasan serotonin pada otak yang membuat suasana hati menjadi lebih senang dan baik. Jumlah hormone serotin yang tinggi bisa menghasilkan suasana hati yang positif, tenang dan bersemangat beraktivitas.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan keropos tulang atau disebut osteoporosis, biasanya terjadi pada usia menjelang senja. Kekurangan vitamin D pada anak-anak bisa menyebabkan pelunakan tulang.

Selain dari sinar matahari pagi, vitamin D bisa didapatkan dari asupan makanan dan minuman, seperti susu. Namun berbeda dengan vitamin D dari sinar matahari, kandungan yang terdapat di dalam susu tidak langsung terbentuk menjadi vitamin D. Jadi, dengan berjemur di pagi hari tubuh bisa mendapatkan asupan vitamin D dengan cepat.

Sinar matahari pagi bermanfaat melebarkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih meningkat dan lancar. Lebih lengkapnya berikut ini manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan tubuh.

  • Mengandung vitamin D
  • Mengurangi gula darah
  • Membentuk dan memperbaiki tulang
  • Mencegah penyakit tulang
  • Meredam kolesterol darah
  • Memberikan imun tubuh alami
  • Meningkatkan pernafasan
  • Membunuh bakteri dan penawar infeksi
  • Memperbaiki masalah pada kulit, seperti: jerawat, eksim, bekas luka dan psoriasis
  • Menurunkan resiko kangker
  • Mengatasi depresi
  • Memproduksi hormone serotin

Durasi Yang Tepat Saat Berjemur

Selain waktunya, penting juga memperhatikan lamanya aktivitas berjemur. Agar manfaatnya dapat maksimal disarankan berjemur kurang lebih 10-15 menit. Pada saat berjemur, hindari menggunakan pakaian tebal. Karena selain membuat lebih panas, pakaian tebal mencegah sinar matahari masuk mengenai kulit. Bagi Anda yang memiliki warna kulit hitam, bisa berjemur di bawah matahari pagi lebih lama karena warna kulit hitam memiliki banyak pigmen yang dapat menghalangi sinar matahari. Berbeda dengan warna kulit putih, kandungan pigmennya lebih sedikit.

Paparan sinar matahari pukul 7.00 – 9.00 membantu tubuh produksi Vit D secara alami. Pada jam tersebut kolesterol yang berada di bawah permukaan kulit dirubah menjadi Vit D. Ada banyak manfaat Vit D bagi kesehatan tubuh, seperti membuat kuat tulang dan otot. Itu sebabnya mengapa bayi disarankan dijemur di pagi hari.

Manfaat sinar matahari pagi yang sudah disebutkan di atas, semuanya bisa didapatkan secara gratis, asalkan kita mau meluangkan waktu berjemur di pagi hari. Selain berjemur, agar vitamin D dihasilkan dengan maksimal, disarankan untuk rutin melakukan olahraga di luar ruangan pada waktu pagi hari. Yuk, kita mulai hidup sehat di mulai saat pagi hari, dengan tubuh yang sehat menjalankan aktivitas seharian menjadi lebih sehat, bugar dan semangat!