Macam-Macam Sambal Nusantara Yang Bikin Nagih - All Indonesia

Macam-Macam Sambal Nusantara Yang Bikin Nagih



Sambal dengan beragam asal-usulnya mempunyai berbagai pilihan rasa dan penggemarnya masing-masing. Setiap daerah bahkan mempunyai sambal andalan masing-masing yang menjadi pendamping setiap kali makan. Sambal merupakan ciri khas dari Indonesia, masyarakatnya selalu mendampingkan sambal dengan makan nasi. Seolah tanpa sambal, ada yang kurang lengkap dengan menu yang mereka nikmati. Bahkan, sambal akan semakin menambah kenikmatan makanan tersebut.

Macam-Macam Sambal Nusantara yang Nikmat

Untuk mengetahui jenis dan perbedaaan sambal yang ada di nusantara, bisa dilihat dari bahan dan cara membuatnya. Macam-macam sambal nusantara di antaranya adalah:

1. Sambal Tomat

Sambal ini yang ditonjolkan adalah tomat, namun bukan berarti tidak pedas. Justru pedasnya menggigit. Ada rasa segar dari tomat dan pedas dari sambal. Cara membuatnya juga mudah, cukup dengan mengulek tomat, cabe rawit, sedikit garam dan gula. Bisa disadingkan dengan ayam goreng, tempe dan tahu goreng.

2. Sambal Terasi

Sambal terasi merupakan sambal favorit bagi kebanyakan orang. Aroma khas dari terasi yang mampu menggugah selera makan, membuat orang menyukai sambal ini. Bahan dan cara membuatnya hampir sama dengan sambal tomat, hanya saja ditambah terasi. Sambal ini ada dua pilihan yaitu matang atau mentah. Bagi yang suka sambal segar, gunakan yang mentah. Sedangkan bagi yang suka matang, goreng terlebih dahulu bahannya. Paling mantap jika lauknya dipenyet di sambal terasi. Pasti bikin semakin ketagihan.

3. Sambal Kecap

Sambal kecap terbilang mudah membuatnya dan beberapa rumah makan menyediakan sambal ini untuk menjadi pendamping makan. Cukup mengiris bawang merah, cabe, tomat dan beri kecap.

4. Sambal Petai

Sambal petai merupakan sambal andalan bagi penggemar petai. Bau petai yang menyengat membuat mereka semakin tergugah untuk makan. Bahannya bawang merah, bawang putih, kemiri, gula dan garam. Lalu tambahkan petai di dalamnya. Beberapa orang ada yang menggoreng petai terlebih dahulu, namun adapula yang menggunakan petai mentah dicampur langsung dengan sambal.

5. Sambal Mangga

Sambal mangga mungkin bukan sambal yang biasa dihidangkan di beberapa rumah, namun walaupun demikian masih ada beberapa penyuka sambal ini. Bahkan, di beberapa rumah makan menyediakan sambal mangga. Sambal yang sudah jadi, cukup ditambahkan irisan mangga. Rasa asam pedas dari sambal ini membuatnya semakin nikmat. Cocok disandingkan dengan ayam bakar dan udang bakar.

6. Sambal Bawang

Sambal ini menjadikan bawang merah dan bawang putih sebagai ciri khas sambal. Untuk rasa, tidak perlu diragukan lagi,sambal ini cukup pedas.  Rasa bawang putih yang kuat, akan menjadikan rasa pedas pada sambal bawang ini. Bawang merah berfungsi untuk menjadikan sambal ini semakin sedap.

7. Sambal Cabai Hijau

Sambal ini terbuat dari bahan yang berwarna hijau. Mulai dari tomat dan cabe yang berwarna hijau,selain itu ada tambahan bawang merah, bawang putih dan garam. Warna dari sambal ini tentu lebih mencolok warnanya yang hijau. Bagi yang tidak menyukai pedas, bisa menggunakan sambal hijau, rasanya tidak terlalu pedas. Sambal ini biasanya ditemukan di rumah makan masakan Padang.

8. Sambal Bajak

Sambal ini banyak disedikan di beberapa rumah makan dan sebagai pendamping makan nasi. Rasanya pedas manis dan pedasnya pun tidak mengigit, cocok untuk semua semua orang. Terbuat dari cabe merah, bawang merah, tomat yang ditumis setelah itu diulek dengan terasi, gula merah dan garam.

Sebenarnya masih banyak macam-macam sambal nusantara, di atas hanya beberapa contoh sambal yang sering ditemukan dan menjadi favorit beberapa orang. Bagi beberapa orang beranggapan tanpa sambal rasanya kurang lengkap jika sedang makan. Nasi pun akhirnya harus disandingkan dengan sambal.