Macam-macam Soto yang Ada di Indonesia


Di Indonesia terdapat macam-macam soto yang nikmat dengan resep yang berbeda-beda. Biasanya soto tersebut menjadi ciri khas di setiap daerah.  Ada yang cara membuatnya rumit, namun ada pula yang mudah dan bisa dipraktekkandi rumah. Di artikel ini akan dibahas macam-macam soto yang ada di Indonesia berserta daerah asal dan keistimewaan dari soto tersebut.

Macam-macam Soto yang Ada di Indonesia

Soto di Indonesia banyak sekali variasinya dan rasanya pun berbeda-beda. Namun, walau berbeda soto tetap menjadi menu yang disukai oleh banyak orang. Tiap daerah mempunyai ciri khas dan rasa yang menonjol masing-masing.

1. Soto Lamongan

Soto Lamongan sangat terkenal dan menyebar di setiap daerah, paling diminati dan mudah ditemukan di beberapa warung-warung bahkan restoran. Soto ayam Lamongan merupakan ciri khas dari masakan di Lamongan, Jawa Timur. Disajikan dengan suwiran ayam yang empuk, potongan daun bawang, dan koya. Koya menjadikan rasa soto semakin gurih, karena berasal dari remahan krupuk udang.

2. Soto Betawi

Dari namanya tentu saja soto ini berasal dari Betawi yaitu Jakarta. Soto Betawi merupakan soto yang melegenda di Jakarta dan diminati oleh warga Jakarta. Soto ini menggabungkan potongan daging sapi dan jeroan. Dulu soto ini menggunakan santan, namun sejalan dengan perkembangan zaman, santan tersebut diganti dengan susu. Soto Betawi bisa dihidangkan  dengan sambal, jeruk nipis, acar dan emping.

3. Soto Madura

Soto Madura adalah soto yang bahan dasarnya daging sapi, dengan isian kentang goreng dan kecambah. Cara penyajiannya bisa dinikmati dengan rempeyek.

4. Soto Banjar

Soto yang berasal dari Kalimantan ini diambil dari salah satu suku di sana, yaitu Banjar. Yang membedakan soto ini dengan yang lainnya, kuahnya tidak menggunakan kunyit sebagai bumbunya.
Soto ini umumnya disajikan dengan lontong, dengan perpaduan perkedel, telur dan potongan daun bawang, tidak lupa sambal Banjar.

5. Soto Kudus

Untuk cita rasa dari soto Kudus hampir sama dengan soto Lamongan, bedanya soto Kudus hanya menggunakan daging ayam atau kerbau saja sebagai bahan dasar.

6. Soto Medan

Soto ini hampir sama dengan soto Betawi, bedanya kuahnya tidak menggunakan susu. Kuah kentalnya yang berwarna kuning menyebarkan aroma kapulaga dan berbagai rempah.

7. Soto Yogyakarta

Soto Yogyakarta dinamakan soto Lenthok. Soto ini disajikan dengan suwiran ayam. Yang membedakan soto ini dengan yang lain, yaitu Lenthoknya atau perkedelnya yang terbuat dari singkong.

8. Soto Makassar

Soto di Makasar dinamakan Coto Makasar. Soto ini memiliki empat puluh jenis bumbu atau disebut dengan ampang patang puluh. Soto Makasar dibuat dari potongan daging dan direbus dengan jeroan. Bisa dinikmati dengan lontong ataupun ketupat, yang orang Makasar menyebutnya dengan buras.

9. Soto Bogor

Soto Mie Bogor biasanya orang Bogor menyebutnya, karena perpaduan soto ini dengan mie. Biasanya menggunakan mie telur dan kuahnya berasal dari perpaduan cabe merah dan bumbu.

10. Soto Bandung

Soto ini kuahnya bening dan berbeda dengan kebanyakan soto. Untuk bumbunya dipotong tipis-tipis. Ciri khas dari soto Bandung adalah potongan lobak dan taburan kacang kedelai goreng, serta daging yang diiris dadu.

Di atas merupakan 10 macam-macam soto yang ada di Indonesia. Jika anda bosan, dengan soto di daerah anda, bisa mencoba soto di daerah lainnya yang mempunyai citarasa yang berbeda pula.