Wajib Dicicipi Rawon Surabaya, Asli Mantap Bingit - All Indonesia

Wajib Dicicipi Rawon Surabaya, Asli Mantap Bingit



Rawon Surabaya terkenal dengan rasa dan citarasa yang khas, asli ini mantab bingit. Ketika seseorang pergi ke Jawa Timur dan mengunjungi kota Surabaya tentu sangat rugi jika tidak menyicipi menu khas Jawa Timur ini. Rawon yang jarang didapati di setiap rumah selain Jawa Timur ini, memang berbeda dengan masakan berkuah lainnya. Untuk melihat perbedaan tersebut, bisa dilihat dari kekhasan masakan ini.

Kekhasan rawon asli Surabaya di antaranya adalah:

1. Warna 

Warna hitam dari sayur inilah yang menjadikannya berbeda dan memiliki keistimewaan sendiri. Mungkin orang yang tidak tahu tentang rawon, akan berpikir warna hitam yang tedapat pada sayur ini berasal dari kecap, karena warnanya yang hitam dan manis. Padahal sayur tersebut,tidak ada sedikit pun kecap di dalamnya. Warna hitam tersebut berasal dari kluwak.

2. Rasa

Untuk rasa tentu tidak usah diragukan lagi, rawon Surabaya asli mantap, sedap dan gurih. Rasa sedap berasal dari kuah kaldunyanya yang berasal daging sapi, sedang rasa khas dan tidak ada yang menyerupai berasal dari kluwak. Kluwak sendiri memang mampu memberikan citrasa yang khas pada rawon dan berbeda dengan sayur lainnya. Walaupun terbilang seperti sayur sop, tetapi bukan sayur sop biasa.

3. Bahan

Bahannya lebih lengkap daripada membuat sayur sop ataupun semur, hanya saja ada beberapa bumbu tambahan dan yang tidak kalah pentingnya kluwak lah yang membedakan dengan sayur yang lainnya. Bumbu dari rawon di antaranya bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah, cabe rawit, kunyit, jahe, merica, garam, serai, daun jeruk, gula dan terakhir kluwak.

4. Isi

Untuk isi sayur menggunakan daging sapi, dipotong kecil-kecil. Daging tersebut direbus, sedangkan kuahnya dijadikan kaldu. Akan lebih baik daging yang digunakan menggunakan daging dengan komposisi lemak. Fungsi lemak membuat kuah rawon menjadi lebih gurih.

Rumah Makan Yang Menjual Rawon Di Surabaya di antaranya adalah:

1. Rawon Setan

Rawon Setan menyugguhkan menu makan yang mengenyangkan, dengan potongan dagingnya yang empuk dan besar. Berlokasi di Jl. Embong Malang kota Surabaya.

2. Rawon Kalkulator

Rumah makan ini cukup terkenal dan tidak pernah sepi dari pengunjung. Untuk rasa dari rawon yang ditawarkan juga mantap. Sudah ada sejak tahun 1975 dan dari tahun itu pula rumah makanini sudah menjual rawon.  Hal yang semakin membuat rumah makan ini terkenal karena keahlian penjualnya saat menghitung dengan cepat, seperti kalkulator. Lokasi di Taman Bungkul Surabaya.

3. Rawon Gajah Mada

Rawon Gajah Mada dikenal dengan kuah rawonnya yang pekat dengan bumbu kluwek yang dominan. Untuk dagingnya sendiri juga empuk dan rasanya mantap. Menu andalan berupa nasi rawon empal. Berlokasi di Jemursari Surabaya.

4. Rawon Pak Pangat

Rawon Pak Pangat menyajikan rawon berisi nasi dengan kuah yang hitam, kecambah kecil dan juga taburan bawang goreng. Di sini juga menawarkan empal suwir dan telur asin sebagai lauk tambahannya. Lokasi di Jalan Ketintang Surabaya.

5. Rawon Podo Moro Seneng

Di rumah makan ini mempunyai keunikan dalam penyajian rawonnya, di sini menawarkan nasi pecel kuah rawon. Namun, jika ingin menikmati rawon saja, juga tersedia. Bahkan dagingnya juga cukup empuk dan mantap untuk dinikmati. Lokasi di Jl.Pucang Anom Surabaya.

Dengan mengetahui keistimewaan dan rumah makan rawon yang begitu terkenal dan banyak pengunjung di Surabaya, tentunya akan semakin meyakinkan bahwa memang rawon Surabaya asli mantap.