IMF Bantu 2 Milyar Untuk Korban Gempa Lombok dan Palu


Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) menyumbang 2 Milyar Rupiah untuk korban gempa Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah. Bantuan tersebut merupakan sumbangan dari kantong pribadi para staf IMF. Direksi IMF yang diwakili Christine Lagarde dan beberapa staf lainnya mendatangi korban gempa Lombok di desa Guntur Macan, Lombok Barat.

Dengan didampingi oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Christine Lagarde menemui lebih dari 900 kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal di desa itu akibat gempa bumi beberapa waktu lalu. Untuk menolong korban gempa di Lombok dan Palu, Cristine Lagarde menyerahkan cek senilai 2 Milyar rupiah yang merupakan sumbangan dari kantong pribadi para staf IMF atas prakarsa pihak manajemen.

Dalam sambutannya, Christine mengatakan “Setiap korban gempa di Lombok dan Palu harus mendapatkan bagian dari sumbangan ini”. Selanjutnya Christine juga mengatakan bahwa sebenarnya dalam rapat internal IMF telah dibahas rencana pemberian pinjaman kepada Indonesia untuk korban gempa Lombok dan Palu, namun urung karena menurut Christine ekonomi Indonesia sudah berada di tangan yang baik.