5 Tips Memilih Sekolah Tepat Untuk Anak - All Indonesia

5 Tips Memilih Sekolah Tepat Untuk Anak

Persiapan Sekolah

Pendidikan anak sudah pasti menjadi prioritas semua orangtua dan menginginkan sekolah yang terbaik. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang menjadi salah satu poin keberhasilannya kelak. Oleh sebab itu memilih sekolah tepat untuk anak harus dipertimbangkan dengan matang.

Sebut saja Shita, seorang ibu 2 orang putra, Rudi berusia 7 tahun harus masuk Sekolah Dasar (SD) dan Theo usia 5 tahun harus masuk Taman Kanak-Kanak (TK)  tidak ingin salah memilih lingkungan sekolah bagi anak-anaknya. Apalagi awal pendaftaran, banyak sekolah TK dan SD yang membuka pendaftaran. Tidak heran Shita kebingungan memilih sekolah kedua putranya karena begitu banyak pilihan.

Ada banyak pandangan mengenai sekolah tepat untuk anak. Misalnya ada orangtua yang lebih menekankan kepada fasilitas sekolah saja. Tidak sedikit orangtua yang rela membayar pendidikan mahal demi buah hatinya mendapatkan sekolah yang diidam-idamkan. Namun perlu diketahui bahwa dalam memilih sekolah yang tepat tidak sekedar mempertimbangkan fasilitasnya saja. Karena sekolah yang tepat akan memberikan dampak besar untuk pertumbuhan dan kecerdasan.
Berikut ini kami akan berbagi informasi mengenai beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan acuan dalam memilih pendidikan atau sekolah yang tepat untuk anak.

1. Ketahui Jenis Sekolah

Ada beberapa jenis sekolah yang ada. Contohnya: ada sekolah negeri, sekolah yang basisnya agama, sekolah alam, sekolah internasional, sekolah swasta dan homeschooling. Cari informasi apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe sekolah tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan anak, jangan memilih sekolah hanya karena ikut-ikutan. Informasi tentang masing-masing sekolah bisa didapat dari brousur, browsing di internet, dari teman atau saudara yang sudah lebih dulu memasukkan anaknya ke sekolah atau mendatangi langsung ke sekolah.

2. Sesuaikan dengan Karakter Anak

Anda bisa memilih sekolah yang tepat sesuai dengan karakter anak. Karakter anak berbeda-beda. Belajar di sekolah yang tepat bisa membuat anak senang dan bersemangat. Misalnya: jika anak Anda tipe anak yang aktif sebaiknya di sekolahkan di sekolah alam.

3. Tenaga Pengajar yang Kompeten

Guru merupakan ujung tombak yang menentukan proses belajar menjadi lebih menyenangkan atau tidak. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa datangi langsung ke sekolah dan bertanya kepada langsung kepada pihak sekolah. Guru yang berkualitas adalah yang profesional, memiliki basic kompetensi ilmu yang diajarkannya, mampu mengembangkan lingkungan belajar menjadi menyenangkan, apa yang diajarkan mudah dipahami oleh siswa, mampu berkomunikasi dengan baik dsb. Selain itu, seorang tenaga pengajar harus dapat bekerja sama dengan orangtua.

4. Kondisi Lingkungan Sekolah dan Sekitarnya

Anda bisa memilih sekolah yang tepat dengan menilai kondisi sekolah dan lingkungan di sekitarnya. Ketahui juga sarana prasarana. Fasilitas yang dimaksud bukan hanya yang menunjang kegiatan belajar saja, seperti laboratorium atau lainnya. Namun perhatikan juga saran seperti toilet, kantin, dan kondisi bangunan kelas. Apakah fasilitas-fasilitas tersebut dapat mendukung proses belajar yang menyenangkan untuk anak.

5. Sistem Kurikulum dan Konsep Belajar

Sekolah negeri di Indonesia, menerapkan kurikulum pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah. Berbeda dengan sekolah swasta yang umumnya menerapkan kurikulum hasil adopsi dari kurikulum pendidikan dari pemerintah. Untuk mengetahuinya cari informasi terlebih dahulu untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Itulah beberapa tips memilih sekolah tepat untuk anak. Sebenarnya masih banyak bahan pertimbangan lainnya, seperti track record sekolah, membandingkan jumlah siswa di kelas dengan tenaga pengajar, sesuaikan dengan pilihan anak, biaya SPP dan kegiatan tahunan disesuaikan dengan kemampuan finasial dsb. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menentukan sekolah yang sesuai dengan kemampuan anak sehingga dapat mengasah potensi dan bakat yang dimiliki oleh buah hati Anda.