5 Menit Menguasai Rumus Index Excel, Cepat dan Mudah - All Indonesia

5 Menit Menguasai Rumus Index Excel, Cepat dan Mudah

Rumus Excel Index

Baik, sejatinya rumus index excel ini fungsinya adalah untuk pencarian data dalam rentang tertentu. Pencariannya didasarkan atas nomor kolom (column num) dan nomor baris (row num). Di microsoft excel, jika kita tuliskan rumus index ini maka akan muncul 2(dua) jenis rumus excel index. Perhatikan gambar berikut,

Rumus Excel Index
2 Jenis Rumus Excel Index

Pada dasarnya cara menggunakan dua jenis rumus ini adalah sama. Bedanya adalah jumlah area pencarian datanya. Untuk rumus excel index yang menggunakan array terbatas hanya satu rentang atau area. Sedangkan rumus yang menggunaan reference dapat menampung lebih dari satu rentang data.

Fungsi Index Excel Dengan Rentang Data ‘array’

Rumus Excel Index
  1. Buatlah tabel seperti di atas, anggaplah dalam contoh ini kita akan mencari data tarif perjalanan dinas antar kota. Seperti materi-materi microsoft excel lainnya dalam website ini, kita biasakan untuk memberikan label atau nama untuk rentang data yang digunakan. Tujuannya adalah untuk mempermudah penggunaan rentang. Kita tinggal panggil label atau nama rentang data tersebut. Di contoh ini kita berikan label “tarif_dinas” untuk range data C3:E5. Caranya, blok rentang C3:E5 kemudian pada field ‘name box’ di sebelah kiri atas berikan nama “tarif_dinas”.
  2. Untuk mencari tarif perjalanan dinas dari Jakarta ke Makassar, Rumus yang dituliskan adalah =INDEX(tarif_dinas;1,3). Maka kita akan mendapatkan nilai 1.350.000.
    RUmus Excel Index

Fungsi Index Excel Dengan Rentang Data ‘reference’

Dengan menggunakan rentang data ‘reference’ kita dapat memasukkan beberapa rentang data dalam rumus. Gunanya adalah untuk mengambil data-data yang relevan dengan kebutuhan kita. Sebagai contoh, anggap kita memiliki tarif dinas yang baru.

  1. Buatlah rentang data baru seperti berikut.
    Rumus Excel Index
  2. Dengan menggunakan dua rentang data ini, kita dapat menuliskan rumus:
    1. Untuk mengambil data tarif dinas Jakarta-Makassar pada rentang pertama atau rentang ‘tarif_dinas’ , =INDEX((tarif_dinas,tarif_dinas_baru);1;3;1)
    2. Untuk mengambil data tarif dinas Jakarta-Makassar pada rentang kedua atau rentang ‘tarif_dinas_baru’, =INDEX((tarif_dinas,tarif_dinas_baru);1;3;2)
  3. Hasilnya adalah
    Rumus Excel Index
  4. Download file latihan di sini.

Baca juga : 7 rumus excel ini mempercepat pekerjaan anda