Belajar Rumus Excel If, Mudah Cepat, 5 Menit Pasti Bisa - All Indonesia

Belajar Rumus Excel If, Mudah Cepat, 5 Menit Pasti Bisa

Rumus IF Excel

Rumus Excel IF merupakan rumus paling dicari di internet. Rumus fungsi IF excel digunakan untuk menampilkan nilai secara otomatis berdasarkan kondisi tertentu. Di sini kita akan belajar formula IF ini pada konsep yang paling mendasar.

Pada dasarnya fungsi IF ini adalah fungsi logika yang akan menghasilkan nilai true jika tepat sesuai kondisi yang kita inginkan dan false jika tidak sesuai kondisi. Rumus ini terdiri atas 3 bagian masukan. Pertama adalah Logical Test, yang kedua adalah Value if True yaitu nilai kembalian jika logical test adalah benar atau kondisi terpenuhi. Dan ketiga adalah Value if False yaitu nilai kembalian jika logical test adalah salah atau kondisi tidak terpenuhi.

Nah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buat tabel seperti berikut atau sejenisnya, pilih cell tempat rumus IF ditempatkan. Di sini kita gunakan cell C2.
    Rumus IF excel
  2. Tuliskan rumus ” =IF( “. Tanpa tanda petik, maka akan muncul petunjuk seperti gambar ini.
    Rumus IF excel
  3. Masukkan logical test, yaitu kondisi yang akan diuji. Pada contoh ini kita akan menguji nilai kolom volume (kolom B), apakah volume lebih besar atau sama dengan 1000 atau tidak. Maka kondisinya adalah B2>=1000. Kemudian ketik “;” atau “,” sesuaikan dengan versi microsoft excel anda.
    Rumus IF excel
  4. Masukkan keluaran jika kondisi terpenuhi atau value if true dan keluaran jika kondisi tidak terpenuhi atau value if false. Disini kita tentukan jika kondisi B2>=1000 maka keputusannya adalah “ambil” jika tidak maka keputusannya adalah “buang”. Rumus yang terbentuk adalah =IF(B2>=1000;”ambil”;”buang”). Tekan Enter.
    Rumus IF excel
  5. Selesai!, Copy rumus IF tersebut ke baris bawahnya sesuai dengan jumlah data yang kita miliki. Kita akan dapati hasil rumus if di kolom keputusan. Warna merah dan hijau otomatis terbentuk jika kolom keputusan ini diolah dengan Conditional Formatting
    Rumus IF Excel
  6. Download file latihan di sini. Selamat Mencoba.

Baca juga : 7 rumus excel ini mempercepat pekerjaan anda