Conditional Formatting Excel 3 Langkah, 5 Menit Bisa

Kita sering menghadapi set data yang terlihat tidak berpola. Kita tidak dapat dengan cepat mengetahui mana nilai yang besar dan mana nilai yang kecil dalam sebuah kumpulan data. Tidak mudah melakukan pencarian tersebut dengan cepat. Salah satu cara cepatnya di Microsoft Excel adalah dengan Conditional Formatting. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Blok data yang akan kita cari informasinya.
  2. Klik home tab, kemudian click Conditional Formatting > Color Scales dan pilihlah salah satu color scale atau format warna yang tersedia.
    Conditional Formatting 2
  3. Selesai, secara otomatis kita akan dapati cell data kita akan berubah warna sesuai dengan besar kecil angka atau data di dalamnya. Di contoh ini kita dapat lihat angka besar berwarna hijau dan berangsur merah di angka kecil.
    Conditional Formatting
  4. Download File Latihan di sini

Baca juga : 7 rumus excel ini mempercepat pekerjaan anda


2 comments on “Conditional Formatting Excel 3 Langkah, 5 Menit Bisa

  1. […] Selesai!, Copy rumus IF tersebut ke baris bawahnya sesuai dengan jumlah data yang kita miliki. Kita akan dapati hasil rumus if di kolom keputusan. Warna merah dan hijau otomatis terbentuk jika kolom keputusan ini diolah dengan Conditional Formatting […]

  2. […] Selesai!, Copy rumus di cell C2 ke bawah sesuaikan dengan data kita. Hasilnya seperti gambar di bawah ini. Warna cell pada hasil rumus muncul otomatis sesuai Conditional Formatting. […]