Rumus Excel If Bertingkat, Cepat, 5 Menit Bisa - All Indonesia

Rumus Excel If Bertingkat, Cepat, 5 Menit Bisa

Rumus IF Bertingkat

Sebelum belajar rumus Excel IF Bertingkat, pastikan anda sudah memahami rumus Excel IF terlebih dahulu agar dengan cepat bisa mengikuti materi ini.

Pada dasarnya, rumus excel if bertingkat ini adalah logika if yang memiliki kondisi lebih dari 2 kondisi. Pada rumus IF dasar kita hanya temui 2(dua) kondisi yaitu kondisi jika logika menghasilkan nilai benar (true) atau salah (false) saja.

Dalam pekerjaan sehari-hari, kondisi bertingkat ini sangat sering terjadi. Misalnya hasil asesmen atau penilaian yang terbagi ke dalam 3 atau lebih kategori penilaian. Atau bahkan pada kasus penilaian nilai ujian yang mengkategorikan hasil angka ke dalam alphabet A,B,C,D dan E.

Baik kita praktekkan. Sebagai bahasan, mari kita tentukan dulu kasusnya. Misalnya kita akan mengaplikasikan rumus if bertingkat tiga kondisi, yaitu:

  1. Jika volume lebih dari 3000 maka keputusannya adalah “ambil
  2. Jika volume kurang dari 3000 dan lebih dari 1000 maka keputusannya adalah “pertimbangkan
  3. Jika volume kurang dari 1000 maka keputusannya adalah “buang

Maka langkah langkah mengaplikasikan rumus excel if bertingkat dalam kasus ini adalah:

  1. Buat tabel data seperti berikut. Yang akan kita lakukan mencari nilai volume sesuai kondisi dan memberikan keluaran hasil sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan.
    Rumus IF Bertingkat
  2. Pilih Cell tempat rumus IF, di sini kita pilih cell C2. Ketikkan rumus excel if dengan 1 kondisi terlebih dahulu untuk mempermudah. rumusnya adalah =IF(B2>=3000;”ambil”;”belum ditentukan”). Di sini kita telah menyelesaikan 1 kondisi pertama yaitu jika volume lebih dari 3000 maka keputusannya adalah “ambil”. Kondisi selain itu sementara masih “belum ditentukan”
    Rumus IF Bertingkat
  3. Jangan dulu diubah rumus yang sudah kita buat di cell C2. Kita buat rumus IF berikutnya di cell yang berbeda untuk mempermudah. Kali ini untuk mengakomodir syarat kedua yaitu jika volume kurang dari 3000 dan lebih dari 1000 maka keputusannya adalah “pertimbangkan“. Rumus kondisi kedua ini adalah =IF(AND(B2>=1000;B2<3000);”pertimbangkan”;”belum ditentukan lagi”)
    Rumus IF Bertingkat
  4. Copy rumus dari langkah nomor 3(tiga) di atas (tanpa tanda “=”) dan paste di bagian “belum ditentukan” pada rumus pada langkah nomor 1(satu) sehingga rumus keseluruhan di cell C2 menjadi =IF(B2>=3000;”ambil”;IF(AND(B2>=1000;B2<3000);”pertimbangkan”;”belum ditentukan lagi”))
    Rumus IF Bertingkat
  5. Lakukan seperti langkah 3 untuk kondisi ketiga yaitu Jika volume kurang dari 1000 maka keputusannya adalah “buang“.
    Rumus IF Bertingkat
  6. Copy rumus dari langkah nomor 5(lima) di atas (tanpa tanda “=”) dan paste di bagian “belum ditentukan lagi” pada rumus pada langkah nomor 4(empat) sehingga rumus keseluruhan di cell C2 menjadi =IF(B2>=3000;”ambil”;IF(AND(B2>=1000;B2<3000);”pertimbangkan”;IF(B2<1000;”buang”;”Kondisi di luar persyaratan”)))
    Rumus IF Bertingkat
  7. Selesai!, Copy rumus di cell C2 ke bawah sesuaikan dengan data kita. Hasilnya seperti gambar di bawah ini. Warna cell pada hasil rumus muncul otomatis sesuai Conditional Formatting.
    Rumus IF Bertingkat
  8. Download file latihan di sini. Share artikel ini jika bermanfaat.

Baca juga : 7 rumus excel ini mempercepat pekerjaan anda