Rumus Match Excel, 5 Menit Langsung Jago - All Indonesia

Rumus Match Excel, 5 Menit Langsung Jago

Rumus Match Excel

Fungsi rumus Match Excel, gunanya adalah untuk mencari indeks atau urutan item dalam rentang data tertentu. Misalnya kita mempunyai data dengan rentang mulai dari B2 ke B6 atau B2:B6 yang berisi data “Jakarta”,”Surabaya”,”Semarang”,”Bandung”,”Yogyakarta” maka rumus =MATCH(“Bandung”,B2:B6,0) akan memberikan nilai keluaran 4. Bisa kita lihat dalam rentang B2:B6, kata “Bandung” berada pada urutan ke-4.

Rumus Match Excel
Rumus Match Excel

~TIPS : Kita dapat memberikan label pada rentang data tertentu dalam microsoft excel. Caranya, blok rentang B2:B6 dan berikan nama blok ini melalui ‘name box’ (sebelah kiri atas) dengan nama sesuai kehendak kita, misalnya ‘nama_kota‘ ~

all-indonesia.com
Name box
Name box

Dengan menggunakan name box maka rumus match excel dalam contoh di atas menjadi =MATCH(“Bandung”;nama_kota;0).

Sintaks Fungsi Match Excel

Jika diperhatikan, rumus Match ini memiliki 3 komponen masukan yaitu lookup_value, lookup_array dan match_type.

lookup_value (wajib diisi) adalah nilai yang akan kita cari dan cocokkan dengan rentang data yang kita miliki.

lookup_array (wajib diisi) adalah rentang nilai atau rentang sel yang dicari.

match_type (tidak wajib diisi) adalah masukan atau argumen yang menentukan bagaimana microsoft excel melakukan pencarian dalam rentang. Nilainya hanya ada tiga yaitu -1,0 dan 1.

Rumus Match Excel Dengan match_type = 1

Syarat dari match_type = 1 adalah data yang terdapat dalam lookup_value harus tersusun berurutan dari nilai kecil ke besar atau ascending. Jika tidak maka akan menghasilkan output #N/A. Posisi nilai match_type = 1 akan mengembalikan nilai berupa urutan data dalam range dimana data dalam rentang yang ditemukan memiliki hubungan nilai terbesar yang lebih kecil atau sama dengan lookup_value. Contoh penggunaan fungsi Match dengan match_type = 1 dapat dilihat pada gambar berikut

Terdapat 3 eksperimen rumus Match di contoh dalam gambar di atas, semuanya menggunakan match_type=1:

  1. Pertama, =MATCH(“Bandung”;nama_kota;1) di blok warna orange menghasilkan nilai #N/A karena rentang nama_kota (C2:C6) tidak tersusun Ascending.
  2. Kedua, =MATCH(“Bandung”;nama_kota_ascending;1) di blok warna hijau menghasilkan nilai 1. Di sini rentang nama_kota_asending (C12:C16) sudah tersusun Ascending. Sehingga rumus ini akan mencari posisi dalam rentang yang nilainya adalah nilai terbesar yang lebih kecil dari kata “Bandung”. Dapat dilihat bahwa tidak ada nilai dalam rentang yang secara alphabet lebih kecil dari huruf “B” dalam “Bandung”. Dengan demikian nilai yang dihasilkan adalah urutan kata “Bandung” dalam rentang yaitu 1.
  3. Ketiga, =MATCH(“Malang”;nama_kota_ascending;1) di blok warna merah menghasilkan nilai 2. Rentang di nama_kota_ascending, tidak ditemukan kata “Malang”. Dengan demikian nilai terbesar yang lebih kecil dari awalan “M” dalam rentang nama_kota_ascending adalah “Jakarta”. Sehingga nilai outputnya adalah urutan “Jakarta” dalam rentang yaitu 2.

Rumus Match Excel Dengan match_type = 0

Rumus Match dengan match_type tidak mensyaratkan rentang data dalam keadaan berurutan baik ascending maupun descending. Tipe ini digunakan untuk mencari nilai dalam urutan rentang yang sama persis dengan nilai yang dicari atau lookup_value. Contohnya sudah ada di bagian awal dari artikel ini yaitu =MATCH(“Bandung”;nama_kota;0).

Rumus ini akan menghasilkan nilai 4 karena “Bandung” berada di urutan ke-4 dalam rentang yang tidak berurutan tersebut.

Rumus Match Excel Dengan match_type = -1

Berlawanan dengan match_type=1. Mensyaratkan data dalam rentang berurutan secara Descending atau dari nilai terbesar ke nilai terkecil. Akan menghasilkan #N/A jika data tidak dalam keadaan berurutan Descending.

Dengan match_type=-1, rumus ini akan mencari nomor baris data dalam rentang yang memiliki nilai terkecil yang lebih besar atau sama dengan nilai lookup_value.

Perhatikan 4 eksperimen rumus Match excel dengan match_type=-1:

  1. Rumus =MATCH(“Bandung”;nama_kota_ascending;-1), blok hijau. Rentang data lookup array ascending. Output 1. Nilai lookup_value yang sama persis dengan salah satu data dalam rentang yaitu “Bandung”. Urutan data descending / ascending tidak berpengaruh ke hasil dan memberikan hasil sesuai dengan urutan sebenarnya.
  2. Rumus =MATCH(“Bandung”;nama_kota_descending;-1), blok biru. Rentang data lookup array descending. Output 5. Nilai lookup_value sama persis dengan salah satu data dalam rentang yaitu “Bandung”. Urutan data descending / ascending tidak berpengaruh ke hasil dan memberikan hasil sesuai dengan urutan sebenarnya.
  3. Rumus =MATCH(“Malang”;nama_kota_ascending;-1), blok merah. Rentang data lookup array ascending. Output #N/A. Nilai lookup_value tidak terdapat dalam rentang yaitu “Malang”. Urutan data descending / ascending berpengaruh ke hasil dan memberikan hasil #N/A karena syarat descending tidak terpenuhi.
  4. Rumus =MATCH(“Malang”;nama_kota_descending;-1), blok kuning. Rentang data lookup array descending. Output 3. Nilai lookup_value tidak terdapat dalam rentang yaitu “Malang”. Urutan data descending / ascending berpengaruh ke hasil dan memberikan hasil 3 karena syarat descending terpenuhi.

Penjelasan Rumus Match Excel ini berlaku pada Excel Office 365, Excel Office 365 Mac, Excel 2019, Excel 2016, Excel 2019 Mac, Excel 2013, Excel 2010, Excel 2007, Excel 2016 Mac, Excel Mac 2011, Excel Online, Excel iPad, Excel iPhone, Excel tablet Android, Excel ponsel Android, Excel Mobile dan Excel Starter 2010. Silahkan bereksperimen.

Semoga bermanfaat. Download File Latihan di sini.

Baca juga : 7 rumus excel ini mempercepat pekerjaan anda