Rumus Vlookup Excel, 5 Menit Langsung Bisa - All Indonesia

Rumus Vlookup Excel, 5 Menit Langsung Bisa

rumus excel vlookup

Vlookup adalah rumus MS Excel yang dapat memberikan nilai output sesuai dengan input dan referensi database yang kita buat. Akan mempermudah pencarian data dalam jumlah besar di MS Excel. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memahami konsep penggunaan rumus VLOOKUP di MS Excel.

  1. Buat tabel database. Contoh, kita buat tabel harga buah seperti berikut
  2. Blok nama buah dan harga, kemudian beri label blok tersebut. Di sini kita beri label “harga_buah”
  3. Pilih cell, misal di E2, kemudian ketik ” =VLOOKUP( “, tanpa tanda petik.
  4. Pilih cell sebagai lookup_value, misalnya di D2, maka pilihlah cell D2, kemudian ketik tanda “;” atau “,” tanpa petik, sesuaikan dengan versi excel yang anda miliki
  5. Ketikkan label database yang telah kita buat di langkah nomor 2, yaitu “harga_buah” maka akan muncul hilight di database harga_buah kita. Kemudian ketik tanda “;” atau “,” tanpa tanda petik, sesuaikan dengan versi excel anda.
  6. Ketikkan nomor indeks kolom data yang akan kita munculkan. Di sini kita ketik angka 2 karena angka harga buah terdapat di kolom ke-2 di database kita. Kemudian ketik tanda “;” atau “,” tanpa tanda petik, sesuaikan dengan versi excel anda. Selanjutnya ketik “FALSE)” dan tekan enter. Jangan panik karena di Cell E2 akan muncul #N/A
  7. Secara utuh, rumus yang kita tuliskan adalah =VLOOKUP(D2;harga_buah;2;FALSE)
  8. Ketikkan nama buah di cell D2, misalnya “Apel” maka di cell E2 akan muncul harganya yaitu 25.000. Cobalah dengan mengubah nama buah sesuai dengan database. Maka harga yang muncul akan berubah-ubah sesuai dengan database anda.
  9. Selesai, selamat mencoba! Download filenya di sini

Baca juga : 7 rumus excel ini mempercepat pekerjaan anda