Persiapan Hari Pertama Masuk Sekolah TK/Paud Agar Anak Tidak Takut - All Indonesia

Persiapan Hari Pertama Masuk Sekolah TK/Paud Agar Anak Tidak Takut

Hari Pertama Sekolah

Si kecil sudah mulai masuk sekolah TK atau Paud? biasanya orang tua akan merasa kuatir dan cemas. Begitupun dengan si kecil, tidak jarang saat hari pertama masuk sekolah banyak anak yang menangis tidak mau masuk kelas atau tidak mau jauh dari ibunya. Sebenarnya, kepanikan tersebut bisa ditanggulangi dengan cara mempersiapkan jauh hari.

Persiapan Awal

1. Menjelaskan Kepada Anak Tentang Sekolah

Sebelum hari masuk sekolah pertama kalinya, penting untuk menjelaskan kepada anak mengenai sekolah. Ceritakan kegiatan di sekolah yang menyenangkan atau Anda bisa bermain sekolah-sekolahan. Dengan demikian diharapkan anak merasakan dan membayangkan bermain dan belajar yang menyenangkan di sekolah dan mendapatkan teman baru.
Atau Anda bisa mengajak anak bermain dulu ke sekolah TK tempat ia akan bersekolah nantinya. Biarkan anak bermain sepuasnya. Dengan demikian diharapkan anak akan terbiasa dengan lingkungan dan suasana di sekolah.

2. Belanja Perlengkapan Sekolah Bersama

Anak-anak akan senang jika dilibatkan memilih perlengkapan sekolah yang akan ia gunakan. Misalnya seperti: tas, tempat makan dan minum serta sepatu. Dengan melibatkan anak memilih perlengkapan sekolahnya, diharapkan menjadi lebih percaya diri dan bersemangat.

3. Biasakan Jam Tidur Yang Tepat

Sebaiknya biasakan jam tidur dan bangunnya dimulai seminggu sebelum hari pertama masuk. Hal ini penting dilakukan agar anak menjadi terbiasa dan tidak susah dibangunkan untuk sekolah.

4. Ajak Berkenalan Dengan Orang Baru

Pada saat hari pertama masuk sekolah, anak akan bertemu dengan teman-teman baru. Namun bagi anak yang tidak terbiasa dengan orang asing hal ini menjadi sulit. Anak mungkin akan bingung dan menangis. Nah untuk itu, sebelum sekolah dimulai ajaklah ia berkenalandengan anak-anak di lingkungan rumah atau saat bermain di taman, mall dsb. Dengan demikian, si kecil akan terbiasa dan lebih percaya diri berkenalan dengan teman baru.

5. Ajari Anak Duduk Dan Menyimak

Di sekolah anak harus mendengarkan apa yang diajarkan guru. Selain itu, anak harus dapat menangkap apa yang diajarkan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih duduk dengan tenang dan menyimak. Misalnya membacakan dongeng.

6. Ajari Anak Mandiri

Di sekolah anak dituntut untuk mandiri, jadi agar ia tidak kaget, berilah pembelajaran yang banyak saat di rumah. Misalnya: buang air kecil sendiri, memakai sepatu sendiri, membereskan perlengkapan isi tas.

Persiapan Pada Waktu Hari Pertama Masuk Sekolah

Pada saat hari pertama masuk sekolah, siapkan beberapa hal berikut ini:

  • Bangun lebih awal, agar tidak terburu-buru atau terlambat datang ke sekolah.
  • Buatlah sarapan dan duduk bersama sambil membicarakan kesiapan dan hal-hal menyenangkan di sekolah nantinya.
  • Siapkan tas dan perlengkapan yang akan dibawa bersama anak.
  • Sebelum anak berbaris masuk ke dalam kelas, berilah ia pelukan dan semangat.
  • Tenangkan diri dan hilangkan perasaan khawatir berlebihan karena jika Anda terlihat cemas malah membuat anak ikut gelisah dan tidak nyaman.
  • Apabila anak memanggil Anda saat di kelas, jangan masuk ke dalam kelas. Percayakan kepada guru untuk menanganinya.

Pada waktu hari pertama masuk sekolah, sediakan waktu untuk mengantar. Ini menjadi dukungan semangat bagi anak. Mengantar anak ke sekolah di hari pertama masuk merupakan cara yang terbaik untuk meningkatkan rasa aman, nyaman dan percaya diri.