Solusi Pendidikan di Indonesia

Solusi Pendidikan di Indonesia

Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya. Bisa dibilang adalah salah satu yang terbesar di seluruh dunia. Tantangan begitu kompleks dan setiap tantangan membutuhkan solusi yang berbeda. Demikian pula dengan tantangan di dunia pendidikan. Terlebih setelah dunia memasuki masa pandemi Covid-19. Dunia pendidikan niscaya tidak akan kembali lagi ke 100% metode tatap muka.

Fakta

Berdasarkan data indikator pendidikan yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata angka partisipasi sekolah adalah 72,45%. Artinya sebesar 72,45% penduduk dengan rentang usia 7-24 tahun masih berstatus bersekolah.

Namun jika dilihat dari indikator Angka Partisipasi Kasar, bisa dilihat bahwa pada usia SD/MI rata-rata lebih dari 100%. Artinya banyak anak yang rentang umur di luar 7-12 tahun berada di jenjang SD/MI.

Banyak sekali sekolah di tingkat SD/MI mensyaratkan kemampuan membaca anak didik saat baru masuk kelas 1 SD. Demikian pula pada jenjang PAUD. Banyak PAUD yang sudah mengajarkan membaca, menulis dan berhitung.