Sebar Wi-Fi Gratis Lewat Proyek Google Station di Indonesia

Google Station di Indonesia

Sudah sejak tahun 2017 silam ada kabar bahwa Google sudah merencanakan sebuah proyek khusus di Indonesia. Proyek apa? Nah, diberi nama Google Station di Indonesia, proyek ini adalah pemasangan internet berkecepatan tinggi secara gratis di berbagai wilayah di Indonesia. Menurut kabar terakhir yang terdengar, pemasangannya konon akan dilakukan secara bertahap. Prosesnya sendiri akan dimuali di beberapa kota besar di tanah air, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan Denpasar.

Meskipun sampai sekarang masih belum ada lagi kelanjutan kabar soal proyek Google Station di Indonesia, masyarakat rupanya tetap masih merasa antusias. Dan bukan hanya masyarakat pengguna internet saja, tapi juga pemerintah. Sebab, proyek yang sama sudah dilakukan leh Google di India, dan pemerintah daerah pun ikut mendapatkan keuntungan dari proyek serupa.

Tapi, sebenarnya Google Station itu seperti apa, sih? Nah, bagi Anda yang penasaran, silahkan simak penjelasan ringkas berikut ini!

Konsep Google Station

Konsepnya sendiri sebenarnya menyerupai dengan konsep hotspot area yang pasti sudah tidak lagi terdengar asing di telinga Anda. Sebab, sudah ada banyak hotspot area di Indonesia yang bisa ditemui, bahkan bisa terbilang titik-titik tersebut tersebar secara luas di penjuru Nusantara. Tapi, apa lantas perbedaannya?

Perbedaannya terletak pada kecepatan koneksi internet. Sebab, Google sudah menjanjikan kecepatan internet yang super cepat untuk proyek Google Station di Indonesia ini. Nah, tentunya hal ini tidak lagi mengagetkan, bukan? Sebab, sudah ada makin banyak pengguna internet di Indonesia, yang sayangnya tidak diimbangi dengan kecepatan internet yang mumpuni. Apalagi, layanan internet di Indonesia masih terbilang mahal.

Apakah kecepatan koneksi internet jadi satu-satunya faktor pembeda? Rupanya tidak! Sebab, Google Station bertujuan untuk bukan hanya menyediakan internet dengan kecepatan tinggi dan stabil, tapi juga secara cuma-cuma. Dengan demikian, masyarakat pun bisa mendapatkan akses internet yang cepat, stabil, dan teradalkan dengan mudah.

Seperti halnya dengan berbagai hotspot area yang sudah ada, Google Station akan dipasang di berbagai kawasan publik yang memang ramai oleh banyak orang. Misalnya mal, kafe, stasiun, dan bahkan kampus. Pengguna nanti hanya perlu melakukan login dengan cara yang sederhana, dan Google menjamin tingkat keamanan pengguna layanan Google Station.

Menengok Google Station di India

Seperti yang sudah disinggung secara sekilas tadi, Google Station sudah diterapkan lebih dulu di India. Di sana, Google menyediakan sambungan internet cepat secara cuma-cuma di lebih dari 200 stasiun kereta sejak tahun 2016. Untuk proyek ini, Google bekerja sama dengan pelaksana kereta lokal, yaitu Indian Railways and RailTel.

Mengapa Indonesia?

Tentunya negara yang dipilih oleh Google untuk proyek ini bukanlah sembarang negara karena ada proses riset yang komprehensif dalam menentukan lokasi. Salah satunya adalah angka pengguna internet yang tinggi, yang juga dimiliki oleh baik India dan Indonesia. Apalagi, angka pertumbuhan terkait dengan penggunaan mesin pencari di Indonesia sendiri sudah bertambah sampai 50 persen. Angka pertambahan tersebut bahkan sudah melebihi rata-rata pertumbuhan angka penggunaan mesin pencari di seluruh dunia. Namun, sayangnya tingginya angka tersebut tidak lantas diimbangi dengan infrastruktur yang maju dan memadai.

Sampai sejauh ini, masih belum diketahui pihak-pihak mana saja yang akan bekerja sama dengan Google untuk proyek Google Station di Indonesia ini. Meski demikian, kabar terakhir mengatakan bahwa FiberStar dan CBN, dua perusahaan yang bergerak dalam penyediaan akses internet, akan menjadi mitra Google dala, pelaksanaan proyek Google Station di tanah air.

Hmm, menarik bukan? Semoga titik terang tentang kepastian proyek Google Station sudah bisa dilihat secepatnya, ya!