Sumber Energi Terbarukan yang Mulai Dikembangkan

Geo Thermal

Teknologi yang memanfaatkan energi terbarukan selalu diusahakan untuk berkembang. Tahukah Anda bahwa secara global, banyak tempat yang masih kekurangan listrik? Ketergantungan dengan teknologi tentu meningkatkan standar hidup banyak orang, tapi karena cakupan ketersediaan listrik belum menyeluruh, tidak semua orang dapat menikmatinya.

Untungnya perkembangan sumber listrik terbarukan sudah terus bertambah sejak dipopulerkan di awal tahun 2010. Pada tahun 2012 sumber energi ini diperkirakan memenuhi 19% dari total kebutuhan energi global. Pada tahun 2014 persen ini meningkat menjadi 23,7% dan pada tahun 2016 loncatan penyediaan sudah hampir mencapai 40%. Peningkatan cepat ini tentu karena mulai munculnya sumber – sumber energi berkelanjutan yang baru.

Berikut adalah sumber – sumber energi berkelanjutan yang mulai dikembangkan teknologi untuk dimanfaatkan:

Ombak Laut

Salah satu fenomena yang konstan di dunia ini salah satunya adalah ombak laut. Ombak laut dapat berukuran besar dan memiliki energi yang besar. Para peneliti sudah sejak lama ingin memanfaatkan kekuatan kinetik ombak laut ini untuk dimanfaatkan menjadi energi terbarukan.

Bentuk pembangkit listrik untuk ombak laut berbentuk mirip dam yang ditaruh di laut lepas. Dam ini akan menerima benturan dari ombak tinggi yang konstan untuk menghasilkan energi listrik. Untuk mendapatkan kekuatan ombak yang optimal, pembangunan dam ini perlu memperhatikan lokasinya di bulatan dunia, bentuk dasar laut dan juga aliran arus laut.

Angin Laut

Pembangkit listrik tenaga angin memang sudah ada, tapi lebih banyak dibangun di daerah tempat tinggi. Pemanfaatan angin dipercaya tidak optimal di daerah landai, tapi pengembangan pembangkit listrik angin laut mulai terlihat menarik karena adanya penelitian tentang angin permukaan laut.

Seperti yang Anda ketahui ombak di laut bergerak bersama dengan ombak. Jika dilihat kekuatan angin ini mencapai kecepatan yang berpotensi dimanfaatkan di daerah laut dengan kondisi cuaca yang cukup hangat. Contohnya adalah samudra Hindia di selatan Indonesia dengan angin yang cepat.

Pembuatan pembangkit listrik untuk memanfaatkan tenaga ini perlu ditaruh di tengah lautan jadi lebih aman karena jauh dari daerah pemukiman. Tapi pembangunannya lebih sulit dan perlu bahan bangunan yang khusus untuk menahan kekuatan ombak yang terus menerus serta pengaruh korosi air asin laut.

Pemusatan Panas Matahari

Berbeda dengan pemanfaatan matahari dengan solar panel, pemusatan panas matahari ini menggunakan konsep kaca pembesar untuk memanaskan cairan khusus untuk dimanfaatkan uapnya supaya turbin dapat berputar dan menghasilkan energi terbarukan.

Pembangkit listrik yang memanfaatkan pemusatan panas matahari akan berbentuk parabola dan terdiri dari cermin khusus. Cermin ini akan memusatkan pantulan cahaya matahari ke tengah parabola.

Di tengah parabola akan ada gelas kaca yang menangkap cahaya matahari. Di balik gelas kaca khusus ini infrared cahaya matahari akan disebarkan namun panas yang diterima akan ditransfer ke cairan khusus dibalik kaca. Cairan khusus ini akan mengembang dan mendidih sehingga berubah jadi uap. Uap inilah yang nanti akan dikompres untuk dapat memutar generator untuk menghasilkan listrik.

Panas Bumi Terbaru

Pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi terbarukan memang sudah banyak dimanfaatkan. Permasalahannya adalah hanya tempat dengan panas bumi permukaan yang besar, daerah vulkanis dan juga daerah dengan sumber air panas saja yang bisa memanfaatkannya.

Sumber energi panas bumi terbaru ini memastikan bahwa sumber panas bumi dari lapisan geothermal langsung dari dalam tanah. Prosesnya melibatkan pengeboran ke lapisan tanah dalam tempat lempengan bergesekan dan panas bumi lebih mudah ditemukan. Hasil pengeboran akan disuntik dengan tembakan air bertekanan tinggi untuk mengisi celah – celah tersebut. Batuan panas yang ada di area ini akan memanaskan air sehingga uap bertekanan tinggi muncul.

Uap dan panas yang dihasilkan akan mirip dengan pembangkit listrik panas bumi yang umum tapi posisinya lebih dalam dan lebih tahan lama.