Tips Merawat Drone Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak - All Indonesia

Tips Merawat Drone Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Tips Merawat Drone Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Drone adalah salah satu gadget yang populer di kalangan muda saat ini. Penggunaannya untuk mengambil gambar di tempat tinggi, membawa barang, ataupun sekedar untuk hobi mirip mobil remote control bisa dilakukan.

Walaupun teknologi mutakhir drone memerlukan perawatan khusus agar siap untuk terbang setiap saat. Masalah yang dapat muncul saat drone dalam posisi terbang tentu berbahaya. Drone pada ketinggian tertentu dapat hancur berkeping – keping jika jatuh ke tanah.

Di sini akan diinformasikan tips merawat drone agar dapat tahan lama dan siap digunakan setiap saat. Info seperti alat yang dibutuhkan, part yang perlu diperhatikan dan teknik perawatan juga akan diberikan di sini.

Alat Pembersih Drone

Jika Anda memiliki drone, selalu persiapkan alat pembersihnya. Alat pembersih ini bisa berupa tisu, kapas, cotton bud dan lap kering. Pembersihan drone memang butuh kesabaran karena banyak part, banyak celah dan juga rangkanya yang perlu dibersihkan pelan – pelan.

Drone yang sering digunakan di lingkungan luar tentu akan lebih rentang terkena kotoran. Hal seperti debu dapat menumpuk di sela – sela baling – baling lalu menghambat pergerakannya sehingga drone tidak dapat terbang lancar.

Cleaning kit untuk drone memang mahal harganya, tapi proses perawatannya sebenarnya tidak perlu alat mahal asal dibersihkan setiap kali penggunaan. Tapi jika Anda memiliki dana lebih, tidak ada salahnya untuk membeli beberapa jenis cleaning kit khusus ini.

Beberapa alat tersebut diantaranya adalah sikat halus, alat semprot udara dan gel penyerap kotoran. Alat – alat ini bisa dibeli satu paket ataupun terpisah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan Kondisi Bagian – Bagian Drone

Memperhatikan kondisi drone adalah hal yang terlihat mudah tapi sebetulnya perlu pengetahuan tentang drone. Bagian baterai, frame/kerangka, baling – baling serta motor penggerak akan menunjukkan tanda – tanda berbeda jika ada masalah.

Untuk baterai perhatikan saat charge dan menggunakan. Usahakan saat mengisi jangan sampai ditinggal terlalu lama untuk dicharge setelah penuh. Selalu ingat bahwa 30% tingkat baterai harus sudah diisi. Kondisi drone kehabisan baterai saat terbang bisa membuat drone jatuh dan rusak.

Baling – baling adalah part penting yang digunakan untuk terbang. Baling – baling yang mengeluarkan suara berbeda saat berputar perlu dicek. Kesalahan perawatan pada baling – baling dapat menyebabkan drone kehilangan kontrol atau jatuh saat diterbangkan.

Untuk frame/kerangka drone perhatikan semua part yang terpasang masih kencang. Part yang goyang saat menempel di frame merupakan tanda – tanda bahwa ada kerusakan. Kerusakan kecil mulai dari screw yang longgar sampai kerusakan parah seperti retakan bisa jadi penyebabnya.

Perhatikan Tepat Menyimpan

Proses penyimpanan merupakan salah satu tips merawat drone yang penting. Jika Anda sembarangan menyimpan drone, bisa jadi kondisi drone akan menurun lama – kelamaan. Usahakan menaruh drone di koper atau kotak awalnya sebelum di simpan.

Hal seperti kelembaban dan sorotan cahaya matahari langsung pada waktu lama dapat mempengaruhi peralatan dalam drone. Kelembaban dapat membuat jamur tumbuh di dalam drone, sedangkan cahaya matahari langsung dalam waktu lama dapat mengubah bentuk part plastik yang ada di drone.

Anda juga harus mengeluarkan drone sewaktu – waktu, jangan terlalu lama disimpan. Pengeluaran drone secara rutin harus dilakukan untuk melihat kondisi drone. Cek apakah ada part yang berkarat atau debu yang menumpuk.

Tips – tips merawat drone di atas perlu dilakukan rutin untuk menjaga kondisi drone selalu bagus. Rawatlah drone Anda dengan baik, karena gadget ini memang perlu perhatian khusus agar umurnya bisa panjang.