5 (Lima) Karya Unik Hasil Daur Ulang Sampah Plastik, Satu Bukti Cinta Lingkungan - All Indonesia

5 (Lima) Karya Unik Hasil Daur Ulang Sampah Plastik, Satu Bukti Cinta Lingkungan

produk plastik daur ulang

Sampah plastik menjadi masalah lingkungan di seluruh dunia. Karena tidak dapat terurai, dampak buruk sampah dari plastik tidak hanya pada kehidupan manusia saja, namun juga hewan, tumbuhan bahkan bisa berdampak buruk ke berlangsungan ekosistem. Salah satu solusi mengatasi masalah sampah adalah dengan mendaur ulang. Berikut ini kita akan berbagi informasi mengenai 5 (lima) karya unik hasil daur ulang sampah plastik yang bisa dijadikan bahan referensi bagi Anda yang tertarik untuk mendaur ulang sampah menjadi hal yang menarik dan berguna.

Sampah Plastik Menjadi Bahan Karya Seni Dan Kerajinan Kreatif

Mendaur ulang sampah merupakan cara yang banyak dilakukan untuk mengatasi masalah sampah. Dengan demikian diharapkan dapat mengurangi sampah dan bisa memiliki nilai ekonomis. Ada banyak contoh yang bisa Anda temukan di internet seputar kerajinan berbahan plastik bekas, seperti: dompet, tas, tikar dan masih banyak lagi.

Sampah plastik yang digunakan bisa dari bungkus minuman sachet, botol bekas, kemasan pewangi pakaian, ditergen, shampoo dan masih banyak lagi. Ada juga yang mendaur ulang Styrofoam menjadi mainan anak atau hiasan dinding, bungkus rokok menjadi hiasan dinding, wadah alat-alat tulis dan sebagainya.

Berikut ini 5 (lima) karya unik hasil daur ulang yang bisa Anda jadikan referensi untuk berinovasi.

Lampu Gantung Yang Unik Dan Mewah

Lampu Kristal berbahan kaca bisa membuat tampilan ruangan terlihat mewah dan elegant. Namun sayangnya lampu Kristal bukanlah barang yang murah, harganya cukup mahal. Lalu bagaimana dengan lampu dari potongan botol atau sendok plastik? Anda bisa membuat kreasi dengan sampah botoldan sendok plastik yang disulap menjadi lampu unik dan menarik.
Selain dikreasikan menjadi lampu, botol-botol plastik bekas bisa dikreasikan juga menjadi tirai cantik dan benda lainnya yang tidak kalah menarik.

Wadah Aksesoris

Masih bingung menyimpan koleksi aksesoris dan perhiasan? Manfaatkan saja botol plastik untuk dijadikan wadah aksesoris. Ada banyak desain wadah aksesoris dari bahan plastik yang bisa Anda dapatkan di internet. Ada yang menggunakan sebatang besi untuk dijadikan penahan potongan-potongan botol yang dilubangi bagian tengahnya. Anda bisa mendesain wadah aksesoris menjadi bertingkat-tingkat, sehingga tumpukan koleksi bisa disimpan dengan aman dan tidak kalah ciamik dengan tempat akseoris di butik.

Rak Buku

Sekarang untuk mendapatkan rak buku, sudah tidak perlu lagi mengeluarkan dana besar. Cukup dengan memanfaatkan sampah bekas jerigen plastik. Berbagai koleksi buku bisa ditata dengan rapi dan tidak lagi berserakan di ruangan. Cara membuatnya sangat mudah, tinggal memotong jerigen sesuai dengan pola rak buku. Agar tampilannya lebih menawan dan tidak monoton, tambahkan sentuhan dengan hiasan atau dilukis.

Peredam Suara Di Dalam Ruangan

Tidak menyangka, ternyata botol plastik dapat berfungsi sebagai peredam suara yang cukup baik. Caranya, bersihkan terlebih dulu sampah botol lalu susun menjadi tumpukan atau dengan pola sedemikian rupa sesuai keinginan Anda. Nah, dengan karya menarik ini, Anda sudah tidak perlu khawatir dengan suara bising dari luar ruangan. Cocok dan tepat diaplikasikan di ruangan kerja di kantor atau di rumah.

Kanopi

Bisa Anda bayangkan kanopi yang terbuat dari botol plastik? Hasilnya sangat menarik, apalagi jika botol yang digunakan warna warni. Membuat kanopi membutuhkan botol bekas yang lumayan banyak. Warna warni botol bukan dari botolnya yang berwarna warni, namun dari air di dalam botol yang sudah diberi warna. Tidak perlu diisi air penuh. Setelah disusun, gantungkan botol-botol plastik dengan rapat dan fungsinya sudah menjadi atap kanopi yang unik.

Demikian informasi dan ulasan singkat mengenai 5 (lima) karya unik hasil daur ulang yang bisa Anda coba aplikasikan dan diinovasikan. Selamat berkarya!