Ayam Hidup Tanpa Kepala Selama 18 Bulan

Ayam Tanpa Kepala

73 Tahun lalu, di Colorado, Amerika Serikat. Seorang petani menyembelih ayam-ayamnya namun ada satu ayam walaupun sudah disembelih, ayam tersebut tetap hidup dan bisa bertahan sampai 1,5 tahun lamanya. Bagaimana ayam itu bisa tetap hidup?

Pada 10 September 1945, Lloyd Olsen dan istrinya Clara menyembelih ayam-ayamnya di area pertanian mereka, di Fruita, Colorado. Ada sekitar 40-50 ayam yang mereka sembelih. Namun ada satu ayam yang aneh, sudah terpotong lehernya namun masih hidup, berjalan kesana-kemari dan tidak berhenti. Akhirnya ayam ini dikurung di sebuah kotak dan ditinggalkan semalaman dengan harapan ayam akan mati dikotak tersebut. Namun apa yang terjadi? keesokan harinya didapati ayam tersebut masih hidup!.

“Ini adalah satu cerita bersejarah yang sangat aneh di keluarga kami”, kata Christa Waters, generasi ke tiga dari pasangan Lloyd dan Clara.

Kabar tentang kejadian itu cepat menyebar di Fruita, Colorado, dari mulut ke mulut. Kabar tentang keajaiban ayam hidup tanpa kepala. Sampai-sampai Olsen diwawancarai oleh surat kabar lokal kala itu sehingga kabar tentang ayamnya ini semakin tersebar luas. Dua minggu kemudian promotor pameran Hope Wade menawarkan untuk memamerkan ayam tersebut sehingga Olsen bisa mendapatkan uang dari hasil pameran. Dan mereka pun berkeliking Amerika untuk memamerkan ayamnya.

Clara dan Lloyd OlsenĀ  bbc . com

Orang-orangpun mulai menghubungi Olsen melalui surat, tidak semuanya positif. Ada yang menghubung-hubungkan Olsen dengan Nazi, ada juga yang justru minta kaki si Ayam diganti dengan kayu dan lain-lain.

Mike (panggilan ayam tersebut) diberi makan dengan makanan cair yang diteteskan langsung ke tenggorokannya menggunakan pipet tetes.

Mike akhirnya mati pada tahun 1947 dalam sebuah kecelakaan di daerah Phoenix, Arizona.