10 Ular Cantik dan Terunik di Dunia yang Mungkin Pernah Anda Temui - All Indonesia

10 Ular Cantik dan Terunik di Dunia yang Mungkin Pernah Anda Temui

Red Sided Garter Snake

Dalam benak kita binatang ular adalah binatang yang berbahaya, namun dibalik itu ada sisi cantik yang dimiliki beberapa jenis ular. Berikut ini 10 ular terunik dan paling cantik di dunia.

1. Asian Vine Snake

Jenis ular ini berwarna hijau dan memiliki bentuk kepala lancip yang unik. Di Indonesia juga dikenal dengan nama ular pucuk atau ular gadung. Nama latin dari jenis ular ini adalah Ahaetulla Prasina, tersebar di Benua Asia bagian selatan termasuk di Indonesia. Sisik ular ini memiliki warna dasar hijau muda, dihiasi dengan pola hias berwarna hitam dan putih.
Asian Vine Snake
Asian Vine Snake

2. Blue Racer Snake

Memiliki nama latin Coluber Constrictor Foxii. Ular ini jika dilihat sekilas berwarna abu-abu tua. Namun pada saat cahaya menyinari tubuhnya barulah dapat terlihat warna biru tua yang sangat cantik. Ular ini sangat tidak menyukai kebisingan, karena itu habitatnya relatif jauh dari pemukiman. Di usia muda, blue racer memangsa jangkrik dan saat dewasa dapat memangsa tikus, burung dan bahkan ular jenis lain.
Blue Racer Snake

3. Eastern Coral Snake

Micrurus fulvius, demikian nama latin dari jenis ular ini. Warnanya adalah kombinasi hitam, kuning dan merah. Habitat ular ini pada pada dasarnya terdapat di daerah Arizona dan Mexiko bagian utara dan tinggal dibawah bebatuan. Memiliki ukuran yang kecil membuat ular ini juga memiliki kantong bisa yang kecil. Belum ada laporan kematian atas gigitan ular ini namun rasa sakit yang ditimbulkan tidaklah ringan. Kebanyakan orang digigit ular ini pada saat mereka mencoba untuk menangkapnya.
Eastern Coral Snake
Eastern Coral Snake

4. Green Tree Python

Morelia Viridis alias Green Tree Python alias Piton Hijau adalah spesies ular yang hidup di Indonesia Timur terutama Papua dan daerah Cape York Peninsula di Australia. Warnanya hijau muda dengan kombinasi putih. Hidup di pepohonan dengan posisi menggantung yang unik, melingkar di batang pohon dengan kepala berada di tengah. Memiliki kepala yang besar dan rahang yang menonjol dengan ukuran lebih besar dari lehernya. Panjang rata-rata dari ular ini adalah 1.5-1.8 meter, sementara jenis betina memiliki ukuran lebih panjang, bisa mencapai 2 meter. Ular jenis ini juga ada yang memiliki warna dasar kuning, merah ataupun coklat namun sangat jarang ditemui.
Green Tree Python
Green Tree Python

5. Iridescent Shieldtail

Melanophidium Bilineatum. Adalah ular yang memiliki endemik di India. Sangat sedikit informasi tentang ular ini karena populasinya yang sangat kecil. Warna dasar ular ini adalah abu kebiruan dan memiliki ciri khas warna pelangi jika terkena cahaya. Jika diibaratkan batu mulia, jenis ular ini mirip seperti batu black opal :D.

Iridescent Shieldtail
Iridescent Shieldtail

6. Red Headed Krait

Nama latin ular jenis ini adalah Bungarus Flaviceps, merupakan ular berbisa dengan warna sisik yang mengagumkan, berwarna merah pada bagian kepala dan ekornya sementara badannya berwarna hitam dengan garis sisik berwarna putih. Hidup di daerah tropis dan subtropis seperti Asia, Australia, Afrika dan Amerika Selatan. Di Asia Tenggara ular ini bisa ditemui di Malaysia, Thailand, Sumatera Indonesia dan Kalimantan Indonesia. Panjang ular ini bisa mencapai 2 meter.
Red Headed Krait
Red Headed Krait

7. Formosan Odd Scaled Snake

Sekilas ular ini mirip dengan Blue Racer Snake. Berwarna kebiruan namun ular ini akan memantulkan cahaya atau berpendar seperti pelangi di tubuhnya. Ukuran rata-ratanya relatif pendek yaitu hanya sekitar 90 cm. Bentuk rahang tidak menonjol alias rata dengan lehernya. Habitat kebanyakan ditemukan di Taiwan dan sedikit ditemukan di Jepang.
Formosan Odd Scaled Snake
Formosan Odd Scaled Snake

8. Honduran Milk Snake

Ular ini mirip dengan Eastern Coral Snake, perbedaannya adalah ular ini memiliki warna dominan merah. Cincin warna kuning hitam menyebar di seluruh tubuhnya. Terdapat pula yang memiliki cincin orange hitam. Panjang ular ini rata-rata adalah 1,2 meter. Habitatnya terletak di dataran menengah di Honduras, Costa Rica dan Nicaragua.
Honduran Milk Snake
Honduran Milk Snake

9. Brazilian Rainbow Boa

Ular tercantik di dunia selanjutnya adalah Brazillian Rainbow Boa. Memiliki warna dasar orange dengan ornamen atau corak berwarna hitam dengan permukaan yang berpendar seperti pelangi. Di tahun 1980-1990 sejumlah besar ular ini diexport dari Suriname. Rainbow Boa ini sangat sensitif terhadap kelembaban dan temperatur habitatnya. Kondisi tersebut membuat siapapun yang memeliharanya harus ekstra berhati-hati.
Brazillian Rainbow Boa
Brazillian Rainbow Boa

10. San Fransisco Garter Snake

Ikat pinggang hidup, ya, mirip sebuah ikat pinggang dengan desain yang menarik. Ular ini disebut sebagai yang paling indah di dunia. Makanan utama dari ular ini adalah kodok. Menyukai tempat yang basah dan lembab. Peneliti memperkirakan hanya terdapat tidak lebih dari 2000 ekor berada di habitat aslinya yaitu di San Mateo County dan Santa Cruz County di California.
San Fransisco Garter Snake
San Fransisco Garter Snake