Koleksi Unik, Hobi jadi Duit

Koleksi Unik Jadi Duit

Koleksi unik, hobi jadi duit? Kira-kira bisa terjadi tidak ya? Tentu saja bisa terjadi. Apapun bisa terjadi jika ada kemauan dan usaha. Begitupun dalam memberdayakan hal yang kita sukai. Tidak sekadar menjadikan hobi seekedar kesenangan semata, tidak sekadar koleksi dan dipajang untuk diri sendiri, namun bisa bermanfaat dan bisa menghasilkan rupiah bagi yang mengkoleksinya. Tidak percaya? Baca terus artikel ini! Pasti akan menemukan jawaban dari semua pertanyaan yang ada.

Macam-Macam Koleksi Unik

Ada beberapa koleksi unik yang mungkin membuat orang terheran-heran, namun sebenarnya koleksi tersebut cukup menarik dan fantastis.

1. Koleksi Perangko

Bagi yang pernah merasakan dan suka korespondensi atau surat menyurat, tentu ada beberapa yang juga suka mengkoleksi perangko. Mengoleksi perangka juga bisa disebut sebagai filateli. Orang yang bertahan dengan koleksinya mengumpulkan perangko, maka ada harga tinggi dari koleksinya tersebut. Bahkan,beberapa kolektor rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar hanya demi mendapatkan perangko yang langka dan mempunyai sejarah tinggi.

2. Koleksi Mata Uang

Salah satu hobi unik lainnya adalah mengumpulkan mata uang. Uang adalah nilai tukar yang digunakan di berbagai negara dalam penggunaannya untuk transaksi sehari-hari, Ketika seseorang mengoleksi uang, semakin mata uang itu tanggal pembuatannya lama, maka nilainya semakin tinggi. Dalam penilaiannya juga tergantung jenis pecahannya, kelangkaannya, kondisi uang tersebut dan tentunya tanggal pembuatan uang tersebut.  Kolektor mata uang akan membayar mahal untuk mata uang yang mereka inginkan, uang lama dengan harga jual tinggi.

3. Koleksi Piringan Hitam

Zaman semakin canggih, memutar musik pun sudah mulai berubah. Bisa lewat DVD, MP3, bahkan lewat gawai. Sekarang tidak akan kesulitan seperti dulu dalam memutar musik. Di era tahun 50-an marak digunakannya piringan hitam dalam memutar musik. Dan sekarang orang yang mengoleksi piringan hitam banyak dicari olek kolektor dan pecinta musik. Harga yang ditawarkan juga lumayan, karena piringan hitam dianggap mempunyai sejarah yang tinggi.

4. Koleksi Perhiasan

Seorang wanita tidak bisa dijauhkan dari sesuatu yang indah dan cantik, seperti perhiasan. Namun jika menjadikannya sebuah koleksi dan ketika ingin menjual perhiasan tersebut, maka harga yang didapatkan juga terbilang lumayan. Apalagi jika perhiasan tersebut memang mempunyai harga jual yang tinggi. Inilah yang disebut koleksi unik, hobi jadi duit.

5. Koleksi Barang Antik

Mungkin barang antik dianggap barang yang kuno dan ketinggalan zaman, namun justru karena keantikannya itulah yang mempunyai nilai jual tinggi. Suatu barang yang sudah sulit ditemukan,maka ketika barang itu ada, menjadi barang yang langka. Barang langka merupakan barang yang mahal jika diperjualbelikan karena sudah mulai sulitnya barang tersebut didapatkan. Semakin barang sulit didapatkan dan semakin jumlahnya sedikit,maka harga semakin mahal dan dicari. Contoh barang antik seperti guci, batu akik bisa menjadi incaran para kolektor barang antik,bahkan satu harga barang tersebut bisa dihargai ratusan juta.

6. Koleksi Binatang Unik

Siapa bilang mengoleksi hewan itu menyusahkan? Jika hewan tersebut beranak dan semakin banyak, tentunya ketika dijual uang yang didapatkan juga semakin banyak. Selain hobi bisa menjadikannya sebuah bisnis dan usaha yang menguntungkan.

Tentunya tidak semua koleksi unik itu aneh dan menghamburkan uang, justru karena keunikan dan kelangkaan tersebut ada harga tinggi yang bisa ditawarkan, sehingga menjadikannya koleksi unik, hobi jadi duit.