Konsumsi Sayuran Sehat Tanpa Pestisida Hasil Hidroponik - All Indonesia

Konsumsi Sayuran Sehat Tanpa Pestisida Hasil Hidroponik

Sayuran Hidroponik

Konsumsi sayuran sehat hidroponik saat ini cukup digemari oleh beberapa masyarakat, terutama bagi yang menerapkan pola hidup sehat dan menyukai sayur segar dan mengonsumsi sayuran. Hidroponik sendiri merupakan cara penananaman sayuran dengan metode air. Sayuran yang tumbuh akan dibantu dengan air, tanpa menggunakan tanah. Bahkan air yang digunakan bisa didaur ulang. Selain air sayuran hidroponik juga membutuhkan lampu, system filtrasi untuk air dan udara, serta alat kontrol iklim.

Konsumsi sayuran sehat hasil hidroponik, sebenenarnya banyak sekali manfaatnya dan baik untuk tubuh. Hal ini juga bisa dilihat dari kandungan yang terdapat pada beberapa sayuran hasil hidroponik.

Sayuran dari Hasil Hidroponik

Berikut beberapa sayuran dari hasil hidroponik yang populer di kalangan masyarakat

1. Sawi Hijau

Sayuran ini sangat mudah ditanam dan banyak orang yang menyukainya. Biasanya dikonsumsi dimasak terlebih dahulu atau langsung dikonsumsi secara mentah. Sawi hijau mempunyai kandungan air dan serat yang tinggi, dengan diperkaya vitamin dan dan mineral yang baik untuk tubuh. Sawi hijau juga merupakan sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang kaya, yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah terjangkitnya kanker.

2. Buncis

Mungkin ada beberapa orang tidak suka dengan sayuran ini, namun sebenarnya kandungan gizi di dalamnya sangat baik untuk tubuh. Terdapat protein nabati, vitamin A, B, dan C. Tanaman ini juga cukup mudah ditanam, beberapa petani untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi mereka lebih memilih menanam tanaman ini secara hidroponik.

3. Bayam

Merupakan sayuran yang sangat sering kita temukan dan menjadi sayuran wajib bagi anak kecil. Bayam memiliki kandungan gizi yang cukup banyak dan luar biasa, seperti kandungan magnesium, kalsium, folat, protein dan serat.

4. Terong

Penanaman terong sebenarnya membutuhkan lahan yang luas, namun dengan hidroponik hal tersebut bisa teratasi. Tidak harus lahan luas, lahan sempit pun bisa digunakan untuk menanam sayur ini.
Kandungan yang terdapat pada terong, terutama terong ungu yang cukup digemari, di antaranya mempunyai antioksidan pencegah kanker dan mampu mengikat zat besi yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

5. Pare

Mendengar namanya saja, sudah terbayangkan bahwa sayuran ini pahit dan tidak enak. Namun, walaupun pahit beberapa orang juga menggemari sayuran ini karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, C, fosfor, dan zat besi.

6. Kangkung

Sayuran yang sangat popular di Indonesi dan digemari masyarakat Indonesia. Sering diolah menjadi beberapa sayuran yang cukup lezat, seperti cah kangkung, oseng kangkung ataupun dijadikan lalap.
Kangkung mempunyai kandungan gizi dengan zat penting seperti vitamin A, B komplek, C, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Manfaat Mengonsumsi Sayuran Sehat Hidroponik

Mengonsumsi sayuran sehat hidroponik mempunyai beberapa manfaat di antaranya:

  1. Sayuran lebih bersih dan segar. Sayuran ini ditanam dengan cara pengairan, tanpa adanya tanah. Jadi sayuran ini cukup terhindar dari kotornya tanah ataupun hewan yang mampu merusak tanaman.
  2. Kandungan nutrisinya lebih besar dan tinggi. Walaupun ada beberapa sayuran kandungan nutrisinya menurun ketika ditanam hidroponik, dan hal ini tergantung bagaimana cara penanamannya. Tapi, untuk penelitian ini belum dipastikan kepastiannya.
  3. Sayuran ini tidak perlu menggunakan pestisida untuk melindungi dari serangan serangga. Jadi, kebanyakan tanaman hidroponik adalah tanaman organik.
  4. Sayuran hidoponik lebih sehat.

Mengonsumsi sayuran sehat hidroponik merupakan salah satu pilihan, setiap orang bisa memilih sayuran dari hidroponik ataupun tidak, hal ini tergantung selera masing-masing orang.