Penting! 3 Persiapan Menjelang Berangkat Haji Yang Tidak Boleh Lupa

HAJI

Jika Anda memiliki rencana melaksanakan kegiatan apapun, persiapan adalah poin penting agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar dan hasilnya menjadi baik. Berbahagialah bagi Anda yang bisa melaksanakan ibadah haji ke tanah suci ke Mekkah dan Madinah. Agar ibadah berjalan lancar dan menjadi haji yang mabrur, diperlukan usaha serius. Usaha tersebut adalah persiapan menjelang berangkat haji, yaitu persiapan secara jasmani, rohani dan segala perlengkapan.

Persiapan Jasmani

Berbeda dengan ibadah lainnya, dalam pelaksanaan ibadah haji melibatkan kegiatan fisik dan mental. Oleh sebab itu, jauh sebelum pelaksanaan siapkan fisik agar saat di tanah suci sehat dan prima. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum keberangkatan agar fisik siap adalah sebagai berikut.

  • Perhatikan asupan makanan, perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran serta minum air putih. Jika perlu minum madu dan multivitamin. Hal ini dilakukan untuk mencegah terkena penyakit.
  • Melatih berjalan kaki setiap pagi agar otot-otot menjadi kuat dan lentur. Karena praktik ibadah haji dilakukan dengan berjalan, misalnya saat melontar jumrah.
  • Melatih diri berjalan dibawah sinar matahari. Hal ini perlu dilakukan agar tubuh terbiasa dengan panas matahari. Apalagi seperti kita ketahui cuaca di Arab Saudi sangat panas.
  • Periksa kesehatan, terutama bagi yang menderita penyakit khusus, seperti: jantung, diabetes, hipertensi, asma, maag dan penyakit lainnya.

Persiapan Rohani

Niat mempersiapkan mental dan rohani merupakan hal penting dalam hal persiapan ibadah haji, karena dapat membersihkan diri sehingga saat pergi ke tanah suci dalam keadaan bersih dan terbebas dari beban duniawi. Agar menjadi haji yang mabrur maka harus memperdalam sikap dan sifat religius, sabar, ikhas, menolong, menggunakan uang halal dan membersihkan serta mensucikan diri secara rohani. Selain itu, bereskan sesuatu yang menjadi beban, seperti membayar hutang-hutang (jika ada), memberikan bekal untuk keluarga, mengikuti bimbingan haji.

Persiapan Perlengkapan

Selain persiapan fisik dan mental yang tidak kalah penting disiapkan sebelum ibadah haji adalah perlengkapan. Berikut ini perlengkapan yang harus disiapkan.

  1. Perlengkapan doa dan sholat.
  2. Obat-obatan.
  3. Perlengkapan untuk tidur dan pendukung.
  4. Pakaian untuk sehari-hari, untuk wanita jangan lupa siapkan kerudung 2 buah atau lebih.
  5. Perlengkapan mandi dan kosmetik.
  6. Perlengkapan mencuci, makan dan minum. Namun biasanya ketiga peralatan tersebut sudah disediakan oleh pihak travel. Jika tidak, sebenarnya disana ada yang menjual namun harganya mahal.
  7. Perlengkapan komunikasi.
  8. Perlengkapan ihram. Untuk pria siapkan kain ihram 1-2 stel dan ikat pingang. Sedangkan untuk wanita siapkan tunik putih atau rok putih 2 buah.
  9. Dokumen, seperti paspor, dokumen haji (buku kesehatan, SPMA, bukti setor BPIH.
  10. Uang rupiah dan riyal secukupnya, kartu atm yang berlogo visa dan kartu kredit (jika punya). Simpan dokumen dan uang di tas selempang atau tenteng.

Usahakan persiapan menjelang berangkat haji berupa perlengkapan yang sudah disebutkan diatas sudah disiapkan 2-3 minggu sebelum keberangkatan. Agar tidak ada yang tertinggal buatlah daftar list perlengkapan apa saja yang harus dibawa dan coret perlengkapan yang sudah siap. Cek saat semua barang bawaan dimasukkan ke dalam koper. Perhatikan berapa berat koper atau tas. Karena ada peraturan embarkasi untuk barang yang dibawa tidak lebih dari 15kg.

Apabila barang yang dibawa melebihi dari aturan yang sudah ditetapkan maka resikonya barang yang dibawa harus dikurangi.

Demikianlah ulasan mengenai persiapan menjelang berangkat haji. Semoga persiapannya berjalan lancar dan semoga menjadi haji yang mabrur. Amiin ya robal alamin!