Saat Dieng Diselimuti Salju - All Indonesia

Saat Dieng Diselimuti Salju

Salju Dieng

Rerumputan dan ujung daun di pepohonan memutih, seolah-olah salju telah menyelimuti kawasan ini. Walaupun ketika didekati, ternyata itu adalah gumpalan es yang berasal dari embun yang membeku. Inilah fenomena bunga es atau frost atau embun upas yang sering kali muncul di daerah kawasan dataran tinggi dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Fenomena ini terjadi hampir di setiap puncak musim kemarau yaitu sekitar bulan Juli hingga Agustus di setiap tahunnya. Terutama pada saat menjelang pagi hari, saat suhu udara mencapai 2 derajat celcius. Embun membeku seperti bunga es dalam ukuran kecil yang dalam jumlah besar menyerupai hamparan salju yang menutupi tanaman.

Fenomena langka ini jelas menarik wisatawan untuk tidak melewatkannya. Sejak pagi-pagi sekali mereka sudah berada di sekitar candi Dieng karena khawatir embun es akan segera mencair. Salah seorang wisatawan mengatakan “Kalau bulan-bulan begini memang biasanya seperti ini, kalau musim kemarau malah berasa dingin dan musim hujan malah berasa lebih hangat”.

Bagi para petani, fenomena ini justru menjadi salah satu momok menakutkan karena frost atau embun es atau embun upas ini dapat membuat tanaman mereka layu dan mati. Tetapi bagi para wisatawan, ini merupakan kejadian yang luar biasa.